2 Cara untuk Mengganti Salat yang Pernah Ditinggalkan di Masa Lalu

Dec 07, 2021 10:23
Salat (Foto: namnak.com)
Salat (Foto: namnak.com)

JATIMTIMES - Salat merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan bagi umat Muslim. Namun, masih banyak Muslim yang sering meninggalkan salat karena disengaja ataupun tidak.

Kendati demikian, almarhum Syekh Ali Jaber mengungkapkan setidaknya terdapat dua cara yang bisa dilakukan sebagai pengganti salat yang ditinggalkan di masa lalu itu. Apa saja dua cara yang dapat menggantikan salat yang ditinggalkan di masa lalu?

Dilansir melalui kanal YouTube Jejak Wali yang diunggah 26 Februari 2021, berikut penjelasan Syekh Ali Jaber.

Rasulullah SAW bersabda di hadis shahih yang diriwayatkan: Imam Muslim dan lainnya: barang siapa yang ketiduran dari waktu salat atau lupa dan tinggalkan salat, kemudian ingat salat, maka segera laksanakan salat.

"Kalau segera laksanakan, berarti di sini tidak terhitung waktu, kapan saja" kata Syekh Ali Jaber.

"Mengapa Rasulullah menyuruh hal itu? Karena tidak ada kafarah dengan dosa kita selain itu," lanjut Syekh Ali Jaber.

"Jadi, tidak ada istilah kalau ketinggalan salat, kita bayar sedekah sekian Allah ampuni kita. Atau kita kasih uang ke pesantren, tolong kiai suruh santri salat saya  karena sudah lama tidak salat. Ndak bisa begitu. Tidak bisa main-main sama Allah," tegas Syekh Ali Jaber.

Namun, kalau masalah salatnya di masa lalu atau masa dulu seperti masa ketika masih kuliah, sekolah, masa-masa tidak puasa, suka tinggalkan salat?

"Nah, kan itu semua peristiwa dulu namanya anak muda ya tidak mengerti, tidak merasa tanggung jawab," sambung Syekh Ali Jaber. “Tapi begitu dia belajar agama dan dia sadar kalau di masa lalunya sering tinggalkan salat, apalagi tidak puasa, apa jalan keluarnya?” sambubgnya.

"Tidak ada dalam Islam namanya ganti salat kecuali saat hari ini misalnya ketinggalan satu karena lupa atau ketiduran. Itu sudah ada hadisnya dan shahih," jelas Syekh Ali Jaber lagi.

"Tapi kalau salatnya sudah di masa lalu, sudah sekian tahun, susah menghitung berapa jumlahnya, berapa kali ditinggalkan, atau tahun berapa, maka salah satu cara untuk mengganti salat yang lalu ialah dengan bertaubat," kata Syekh Ali Jaber.

Rasulullah SAW bersabda di hadis yang shahih: "Dengan taubat yang benar, Allah ampuni semua doa lalu".

Lantas, bagaimana cara orang-orang agar dosa masa lalunya diampuni Allah SWT, termasuk yang meninggalkan salat? "Begitu Anda taubat, jaga salat lima waktu, jangan sampai bocor lagi. Kalau begitu Anda tinggalkan, maka akan Allah hisabkan 2 kali (yang baru Anda tinggalkan sama yang sudah lama)," papar Syekh Ali Jaber. 

Kemudian yang kedua, Syekh Ali Jaber mengatakan untuk memperbanyak salat sunah. Seperti yang dikatakan Allah SWT, tutupi kekurangan salat wajib dengan salat-salat sunah.

Topik
Pesan hilang otomatis WhatsAppkajian islamisyekh ali jaber

Berita Lainnya

Berita

Terbaru