Viral di Medsos, Ini Arah Aliran Lahar dari Erupsi Gunung Semeru

Dec 06, 2021 20:04
Gunung Semeru dilihat dari Google Earth (foto: potongan video Tiktok)
Gunung Semeru dilihat dari Google Earth (foto: potongan video Tiktok)

JATIMTIMES - Erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021) kemarin membuat sejumlah warga Kabupaten Lumajang terdampak. Belasan warga dilaporkan meninggal dunia dalam insiden memilukan tersebut. Selain itu, banyak pula yang mengalami luka-luka.

Kejadian yang memilukan itupun masih membuat masyarakat bertanya-tanya. Terutama mengenai aliran lahar yang membuat sebagian besar kawasan terdampak sangat serius.

Baru-baru ini, bahkan sudah muncul analisa turunnya lahar Gunung Semeru saat erupsi terjadi. Dalam video yang diunggah pilihsurgaatauneraka di TikTok, diceritakan tentang bagaimana lahar tersebut turun hingga menerjang ke sejumlah wilayah di Kabupaten Lumajang.

Dalam video berdurasi singkat itu, suara pria yang tidak diketahui latar belakang dan identitasnya itu menjelaskan bahwa lahar dari Gunung Semeru mengarah ke tenggara.

“Jadi lahar nya dari puncak (Gunung) Semeru turun melewati Coban Sriti lalu turun ke tenggara,” kata seorang pria itu sembari menunjuk melalui cursor.

Dalam gambaran pria itu melalui Google Earth, pria itu menunjukkan bagaimana lahar tersebut turun yang kemudian juga meluluhlantakkan jembatan Gladak Perak yang telah puluhan tahun menjadi jalan utama Malang-Lumajang.

Tak hanya itu, lahar juga menyasar ke air terjun Tumpak Sewu. Sehingga wisata air terjun alam itu ditutup untuk warga.

“Jadi alirannya turun ke Gladak Perak dan Tumpak Sewu,” kata pria tersebut.

Kini video tersebut sudah mendapat like sebanyak 151.1 ribu, dibagikan 3480 kali dan mendapatkan respon sebanyak 1151 komentar.

Topik
erupsi gunung semeruKabupaten Lumajangerupsi semeruGunung SemeruBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru