Upaya Naikan Kelas UMKM, Halal Center Pondok Bahrul Magfirah Kolaborasi dengan HTC UIN Malang

Dec 06, 2021 16:10
Ilustrasi sertifikasi halal (ihatec)
Ilustrasi sertifikasi halal (ihatec)

JATIMTIMES - Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) atau Halal Center Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Kota Malang menjalin kerjasama dengan Halal and Thayyib Center (HTC) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang.

Ketua Halal Center Pondok Bahrul Maghfiroh Malang, Andrianto menjelaskan, jika jalinan kerjasama ini tentunya bermuara pada kemaslahatan para pelaku UMKM yang berdampak pada peningkatan ekonomi. 

"UIN lembaga yang sudah bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) terkait Pendamping Produk Halal (PPH). Harapan kami bisa bersinergi pendamping PPH sama akses ke BPJBH. Kita harus sinergi nggak bisa sendiri," terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan, kerjasama dengan HTC UIN Maliki Malang nantinya terkait pelatihan-pelatihan PPH. Pelaku UMKM yang melakukan ikrar halal ini harus didampingi oleh pendamping yang memang sudah tersertifikasi pelatihan PPH dan juga harus teregistrasi. Sehingga, di sinilah ranah dari UIN Maliki Malang untuk melakukan pelatihan dan pendampingan PPH.

"BPJPH pegangnya ke PPH, kalau self declare. Lebih yakin karena sudah tersertifikasi dan teregistasi. Kamilah kemudian bisa berlaku sebagai pendamping PPH dalam rangka audit internal," tuturnya.

Selain itu, bilamana dalam perjalanan, ditemui industri yang juga ingin tersertifikasi halal, tentunya hal ini bisa tetap difasilitasi. Sebab, dijelaskan Andre, UIN Maliki Malang juga memiliki LPH yang juga bisa turut bekerjasama dalam sertifikasi halal.  

Pendamping di LPH Pondok Bahrul Maghfiroh sendiri, saat ini terdapat sekitar 6 PPH. Akan tetapi untuk kian memantapkan dalam pendampingan, maka dari itulah terus didorong untuk bisa tersertifikasi dan juga teregister di BPJPH melalui kerjasama dengan UIN Maliki Malang.

"Pendamping kami sudah berjalan, bahkan beberapa yang sudah divisit ada yang sudah keluar sertifikatnya. Pendamping kami ini sudah bisa mendapatkan sertifikat pendamping dan juga teregistrasi ke BPJPH. Kalau sudah begitu kan berarti sudah diakui negara," pungkasnya.

Topik
Lembaga Pemeriksa HalalPondok Pesantren Bahrul Maghfiroh MalangUIN Maliki Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru