Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemkot Malang Salurkan Bantuan ke Warga Terdampak Gunung Meletus Semeru

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Heryanto

06 - Dec - 2021, 15:57

Wali Kota Malang Sutiaji (berkopiah) saat akan menyalurkan sejumlah bantuan kepada warga terdampak gunung meletus Semeru, Senin (6/12/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji (berkopiah) saat akan menyalurkan sejumlah bantuan kepada warga terdampak gunung meletus Semeru, Senin (6/12/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Kepedulian akan terjadinya bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang dilakukan berbagai pihak. Bantuan-bantuan terhadap masyarakat yang terdampak silih berganti disalurkan. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, Senin (6/12/2021). Sejumlah bantuan secara langsung disalurkan ke wilayah Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Wali Kota Malang Sutiaji, Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji, bersama jajaran ASN Pemkot Malang dan komunitas, siang tadi bergerak ke lokasi menyalurkan bantuan secara langsung.

"Hari ini penyaluran bantuan kepada saudara-saudara kita yang terdampak bencana Semeru. Saya juga dengan teman-teman komunitas berangkat ke sana untuk menyalurkan langsung bantuan," ujar Sutiaji.

Adapun, sejumlah bantuan tersebut datang dari berbagai pihak. Selain dari Pemkot Malang, Perangkat Daerah (PD), Baznas, beserta komunitas ikut serta memberikan sumbangan beragam bantuan.

"Kita lakukan inventarisir, jadi bantuan ini dari banyak kalangan. Seperti komunitas, Pemkot Malang juga memberikan bantuan," jelasnya.

Dikatakan Sutiaji, semua bantuan tersebut bukan hanya berupa penggalangan dana. Namun, juga termasuk barang-barang yang dibutuhkan masyarakat terdampak bencana di Kabupaten Lumajang.

"Dari Basnaz pengumpulan dana senilai Rp 150 juta. Ada barang-barang lain juga seperti baju, selimut, tangki air dan lainnya," tandasnya.

Sederet bantuan yang masuk ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang selain uang tunai Rp 150 juta, juga barang-barang lainnya. Diantaranya, pempers anak, pembalut wanita, bahan pokok seperti beras, susu, sari kedelai, santan instan, air mineral, minyak goreng, kopi, kecap, gula, dan camilan. Juga ada 50 kardus mie instan untuk kebutuhan makanan.

Tak hanya itu, beberapa Perangkat Daerah (PD) seperti Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) turut menyumbangkan 10 paket sembako.

Kemudian, komunitas Malang Tahes Club (MTC) yang menyumbangkan 300 selimut. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang turut menerjunkan 1 unit Tim Kesehatan. Lalu 2 mobil pemadam kebakaran (damkar) beserta 10 personil damkar dan 1 kendaraan beserta 6 personel juga diturunkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Malang, Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang menyalurkan 2 Mobil Tangki Air, air mineral, beras dan masker.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Heryanto