Serapan Anggaran 52 Persen, Pemkot Batu Optimis Tutup Tahun Capai 90 Persen

Dec 06, 2021 14:53
Salah satu proyek Pemkot Batu pembangunan kios semi permanen di Stadion Brantas. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu proyek Pemkot Batu pembangunan kios semi permanen di Stadion Brantas. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Serapan anggaran Pemkot Batu menjelang tutup tahun masih mencapai 52,43 persen. Meski demikian Pemkot Batu tetap optimis capaian serapan bisa tembus 90 persen.

Serapan persentase 52,43 persen itu artinya masih terbelanjakan Rp 609,4 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 sebesar Rp 1,1 triliun. Sehingga masih ada kurang lebih Rp 400 miliar.

Meski demikian serapan APBD Kota Batu bisa mencapai 90 persen hingga tutup tahun. Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso optimis dalam menyerap APBD 2021 ini.

“Kenapa serapan masih rendah, karena banyak pekerjaan fisik yang masih belum terbayar. Sehingga kami optimis sampai akhir tahun nanti bisa terserap,” ungkap Punjul.

Punjul mencontohkan, pada pengerjaan fisik pembangunan yang belum selesai, seperti pembanguman relokasi kios permanen untuk pedagang Pasar Besar Kota Batu di Stadion Brantas yang menelan Rp 4,6 miliar. 

Kemudian pembangunan jembatan Sisir-Pandanrejo dan pelebaran jembatan Temas-Pandanrejo sekitar Rp 500 juta.

“Ada juga pembangunan Perpustakaan Kota Batu Rp 1,9 miliar yang masih sedang berjalan. Selanjutnya pembangunan rumah kemasan senilai Rp 1,3 miliar dan sebagainya,” ujar Punjul yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Kota Batu ini.

Karena banyaknya pengerjaan fisik yang masih berlangsung, sehingga Punjul tetap optimis bisa dimaksimalkan hingga akhir tahun nanti. Sehingga mampu menekan Silpa 2021 lebih rendah dari 2020 mencapai Rp 261 miliar.

Selain itu Punjul bersama Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko juga sudah memberikan peringatan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) supaya serius untuk mengingatkan kepada pihak ketiga untuk menyelesaikan administrasi kegiatan sebelum Desember.

“Saya bersama bu Wali sudah memberikan peringatan supaya dinas ini mengingatkan pihak ketiga untuk menyelesaikan administrasi. Sehingga segera dilakukan pembayaran,” tutup Punjul.

Topik
target serapan anggaranWawali Kota Batuliterasi medsos

Berita Lainnya

Berita

Terbaru