DLH Kota Malang Segera Poles Alun-Alun Tugu Kota Malang

Dec 06, 2021 13:45
Alun-Alun Tugu Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Alun-Alun Tugu Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Optimalisasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di terus dilakukan Pemkot Malang. Taman-taman perkotaan bakal terus dipercantik agar terlihat indah, dan menarik.

Kali ini, giliran Alun-Alun Tugu Kota Malang yang tengah dipersiapkan untuk dilakukan penataan ulang. Konsep penataan tersebut, saat ini baru dalam pembahasan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Wahyu Setianto mengatakan, konsep penataan Alun-Alun Tugu Kota Malang masih berprogres. Yang pasti, existing dari lokasi tidak akan diubah.

Hanya saja, nantinya akan dilakukan penambahan pernak-pernik penunjang untuk lebih memperindah kawasan.

"Intinya tidak mengurangi existing sekarang. Jadi alam kita perbaiki biar lebih bagus. Ada permainan lampu-lampu, nanti kita tambah pohon, tempat-tempat duduk, kita percantik lah pokoknya," ujarnya saat ditemui di Balai Kota Malang, Senin (6/12/2021).

Penataan tersebut dilakukan, salah satunya karena adanya permintaan dari warga Kota Malang khususnya yang berada di luar kota. Sehingga, ketika datang ke Kota Malang bisa menikmati suasana yang lebih baru.

Termasuk pula, untuk semakin meningkatkan kunjungan wisatawan. "Banyak warga yang menyampaikan itu kepingin ada suasana yang lebih baru. ini sebenarnya sudah bagus tapi akan lebih dibaguskan lagi," jelas Wahyu.

Wahyu menyebut, Detail Enginering Design (DED) Alun-Alun Tugu Kota Malang ditarget tuntas akhir tahun ini. Pelaksanaan pembangunannya direncanakan baru akan dilaksanakan di tahun 2022 mendatang.

"Untuk perencanaan tahun ini kita siapkan Rp 80 juta, DED saja ya. Nanti, baru di tahun 2022 pembangunannya, kita lihat anggarannya," terangnya.

Termasuk, kata Wahyu berkaitan dengan pagar Alun-Alun Tugu Kota Malang yang kerap ditabrak pengendara jalan juga akan dikonsepkan. Hanya saja hal itu masih dalam pembicaraan.

"Intinya itu bagaimana masyarakat nyaman, terus kemudian keamanan. Jadi apakah pagar itu nanti dibongkar atau seperti apa, masih akan didiskusikan lagi dengan pihak konsultan. Atau nanti bisa diganti dengan tanaman atau seperti apa ya," tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang sutiaji mengungkapkan, penataan ulang Alun-Alun Tugu ini memang adanya masukan dari masyarakat Kota Malang. Itu pun, tidak hanya berfokus di satu lokasi saja. Melainkan juga akan dilakukan di taman-taman lainnya untuk lebih dipercantik.

"Masih pembahasan, dilakukan penataan ulang itu memang konsentrasinya ke taman-taman. Termasuk Alun-Alun Tugu Kota Malang," ungkapnya.

Topik
Wahyu SetiantoAlun Alun Tugu Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru