Sasar Anak Muda, Diskopindag dan Dekranasda Kota Malang Gelar Fashion Competition

Dec 06, 2021 11:10
Roadshow Dekranasda Fashion Competition (DFC) 2021 di SMK Muhammadiyah 1 Malang, Senin (6/12/2021). (Foto: Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Roadshow Dekranasda Fashion Competition (DFC) 2021 di SMK Muhammadiyah 1 Malang, Senin (6/12/2021). (Foto: Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Geliat fashion di Kota Malang menjadi salah satu perhatian. Bahkan, kali ini secara khusus bakal mewadahi anak-anak muda untuk menghadirkan kreatifvias dan inovasi busana.

Fasilitasi tersebut digagas Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Malang dalam gelaran Dekranasda Fashion Competition (DFC) 2021.

Setidaknya, dalam event tersebut, sebanyak lima sekolah akan terlibat. Yakni, SMK Muhammadiyah 1 Malang, SMKN 3 , SMKN 5 , SMKN 7, dan SMK Kartika Malang.

Ketua Dekranasda Kota Malang Widayati Sutiaji mengatakan, ajang ini sebagai bentuk penguatan dalam mengoptimalkan potensi anak-anak muda dalam berkreasi. Khususnya berinovasi di dunia fashion Kota Malang.

"Mengapa kita sasar anak-anak muda? Karena kami melihat potensi anak muda. Anak-anak punya kreativitas untuk menyongsong masa depan," ujarnya saat kegiatan roadshow DFC 2021 di SMK Muhammadiyah 1 Malang, Senin (6/12/2021).

Dijelaskannya, kegiatan lomba fashion sebelumnya sudah pernah digelar. Namun, belum secara optimal menyasar kepada anak-anak muda. Dengan ajang ini, perempuan yang juga menjabat sebagai ketua TP PKK Kota Malang ini menjelaskan bakal mengusung budaya lokal Kota Malang.

"Jadi, bagamaina nanti anak-anak muda berkreasi dalam fashion dengan tetap mengangkat kearifan lokal di Kota Malang. Dan kami harapkan dari 5 sekolah ini bakal punya ciri khas masing-masing yang berbeda,"  ucap istri Wali Kota Malang Sutiaji tersebut.

Sementara itu, Kabid Perindustrian Diskopindag Kota Malang Yuke Siswanti menyampaikan, ajang ini juga sebagai upaya untuk terus menumbuhkembangkan jiwa entrepreneur anak muda. Sehingga, para siswa sekolah semakin mengembangkan skill yang dimiliki dan disalurkan melalui lomba DFC 2021.

"Memang ini untuk para pemula. Kami ingin mencetak entrepreneur muda. Salah satunya di bidang fashion," terangnya.

Penyeleksiannya dilakukan bertahap dengan dipilih sebanyak 25 peserta terbaik yang nantinya bakal dilakukan awarding pada 20 Desember 2021 mendatang. Bahkan, para siswa-siswi tersebut juga akan didampingi pelaku-pelaku usaha profesional di bidang fashion.

"Roadshow ini bertahap di 5 sekolah. Lalu mereka melakukan  pendaftaran, bisa langsung ataupun melalui medsos. Kita pilih 25 peserta terbaik untuk mengikuti pendampingan,dan gelaran awarding akan dilakukan pada 20 Desember 2021 mendatang," pungkas Yuke.

Topik
Diskopindag Kota MalangGeliat fashion Kota MalangIKAMMI MIftahul MidadBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru