Mudah Dicari, Bayam Bisa Turunkan Kadar Gula Darah dan Kurangi Risiko Komplikasi pada Penderita Diabetes

Dec 06, 2021 09:10
Bayam (Foto: pngimg.com)
Bayam (Foto: pngimg.com)

JATIMTIMES - Sayur merupakan salah satu lauk yang sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia. Dengan makan sayur-sayuran, kita bisa mendapat bantuan vitamin dan nutrisi yang baik. 

Namun, di antara sekian banyak sayur, terdapat sayur yang bisa membantu untuk menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko terjadinya komplikasi pada penderita diabetes. 

Hal tersebut disampaikan oleh dr Saddam Ismail. Sayur yang dimaksud Saddam ialah bayam. 

Menurut  Saddam, salah satu manfaat bagi kesehatan yakni mengelola diabetes atau menurunkan kadar gula darah. Dalam sebuah video dalam kanal YouTube Saddam Ismail, beliau mengungkapkan kandungan bayam yang bermanfaat dalam mengelola kadar gula darah.

"Bayam ini tinggi antioksidan. Kalau teman-teman mengonsumsi bayam, ya ini bisa menurunkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin. Kemudian juga menghindari oksidatif. Nah teman-teman, ya kandungan antioksidan tadi ini juga bisa mengurangi risiko terjadinya komplikasi-komplikasi pada penderita diabetes," papar Saddam.

Saddam juga mengatakan salah satu komplikasi diabetes atau kadar gula darah yang tinggi. "Misalkan gangguan saraf perifer. Ya yang sering kebas-kebas kesemutan nih di tangan ataupun di kakinya ataupun gangguan lainnya ya pada komplikasi diabetes," ucap dia 

Lebih lanjut, Saddam memberikan saran sebagai berikut kepada penderita diabetes atau kadar gula darah tinggi. "Jadi teman-teman, ya bagi penderita diabetes boleh dicoba untuk mengonsumsi bayam yang untuk menjaga kesehatannya," kata Saddam dalam video yang diunggah pada 4 Desember 2021.

Topik
manfaat bayamBayam turunkan gula darahBayam turunkan gula darahhoax di bencana semerudigitalisasi pasar

Berita Lainnya

Berita

Terbaru