Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Ajak Donasi Melalui LazisNU untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Dec 05, 2021 22:26
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuki Mustamar saat ditemui di Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Kota Malang. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuki Mustamar saat ditemui di Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Kota Malang. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (pwnu) Jawa Timur KH Marzuki Mustamar mengajak masyarakat dari berbagai elemen untuk bersama-sama menyalurkan donasi yang diperuntukkan bagi korban Erupsi Gunung Semeru. 

"Kaum muslimin warga NU, pengurus NU, para aghniya, mari kita berdonasi, kita membantu saudara-saudara kita di Lumajang yang kena musibah di Semeru," ajak Kiai Marzuki dalam video singkatnya, Minggu (5/12/2021). 

Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilurrosyad Gasek Kota Malang ini mengarahkan kepada seluruh masyarakat dan warga nahdliyin untuk menyalurkan donasinya melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LazisNU). 

"Pastikan lewat LazisNU di masing-masing daerah, di masing-masing Kecamatan," ujar Kiai Marzuki. 

Nantinya jajaran LazisNU di tingkat kecamatan akan berkoordinasi dengan jajaran LazisNU di tingkat Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Setelah koordinasi terjalin dan pengumpulan donasi melalui LazisNU telah dilakukan, akan segera disalurkan kepada korban erupsi Gunung Semeru. 

"Lazisnu Kabupaten/kota, lalu juga berkoordinasi dengan Lazisnu PW. Untuk semuanya kita arahkan dan kita perbantukan untuk korban semeru," terang Kiai Marzuki. 

Untuk diketahui, Gunung Semeru telah mengalami erupsi dengan mengeluarkan Awan Panas Guguran (APG) pada hari Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 14.50 WIB. 

Dengan adanya peristiwa tersebut, warga di Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang terdampak. Selain itu, terdapat tujuh kecamatan di Kabupaten Malang yang juga terdampak abu vulkanis dari APG Gunung Semeru. 

Hingga saat ini kondisi Gunung Semeru masih dalam kondisi status waspada level 2.  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI mengimbau masyarakat di sekitar lokasi terdampak untuk beralih ke tempat pengungsian atau tempat yang lebih aman. 

Topik
dinsos pamekasanPWNUPWNU Jatimpemijat tuna netra malang rayaGunung Semeru meletus

Berita Lainnya

Berita

Terbaru