Ikatan Alumni Desak Polri Prioritaskan Kasus Kekerasan Seksual yang Menimpa Mahasiswi Brawijaya

Dec 05, 2021 20:41
Draf pernyataan sikap dari Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (UB). (Foto: Istimewa)
Draf pernyataan sikap dari Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (UB). (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Pengurus Pusat Ikatan Alumni (IKA) Universitas Brawijaya (UB) tak tinggal diam mengetahui kasus yang mendera NWR, 23, mahasiswi Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UB. IKA UB mendesak Polri memprioritaskan penanganan kasus kekerasan seksual yang dialami korban dengan cepat dan transparan.

Desakan itu disampaikan IKA UB dalam bentuk pernyataan sikap yang diteken oleh Ketua Umum IKA UB Ahmad Erani Yustika dan Sekretaris Jenderal IKA UB Arief Subekti. 

Pernyataan sikap tersebut berisi enam poin. Pertama jajaran Pengurus Pusat IKA UB menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya mahasiswi NWR (23) yang menjadi korban pelecehan dan kekerasan seksual oleh oknum anggota Polri. 

Kedua, IKA UB juga berempati terhadap kegetiran kekerasan dan persoalan yang mendera almarhumah (NWR) sebelum meninggal. 

"IKA UB mendesak Polri untuk memprioritaskan penanganan kasus kekerasan seksual yang dialami almarhumah dengan cepat dan transparan," tulis Ketua Umum PP IKA UB Ahmad Erani Yustika dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/12/2021). 

Jajaran IKA UB juga membentuk tim pendampingan atau task force untuk memantau dan mendorong proses hukum yang adil dan transparan. 

Selain itu, IKA UB juga terus melakukan koordinasi untuk menyampaikan rekomendasi. Yakni rekomendasi kepada perguruan tinggi untuk meningkatkan layanan perlindungan dan konseling kepada korban kekerasan seksual. "Termasuk pendampingan diluar kampus dan di tempat tinggal korban," tutur Erani. 

Terakhir, IKA UB juga mengajak seluruh alumni dan civitas akademika UB untuk bersama-sama mendukung terciptanya lingkungan pendidikan yang aman dari tindakan kekerasan dan pelecehan di lingkungan kampus. 

Sementara itu, NWR merupakan salah satu mahasiswi FIB UB yang berprestasi dalam akademik maupun non akademik. Hal itu disampaikan Wakil Dekan I FIB UB Bidang Akademik Hamamah menyampaikan, memiliki nilai akademis yang bagus. 

"NWR adalah mahasiswa yang baik, secara akademik prestasinya bagus, nilainya bagus dan pernah menulis buku," pungkas Hamamah.

Topik
Tampil smart casualAlumni UBUniversitas Brawijayabeasiswa s2 unisma

Berita Lainnya

Berita

Terbaru