Peduli Korban Erupsi Gunung Semeru, Wali Kota Sutiaji Galang Dana, Target Rp 500 Juta

Dec 05, 2021 17:50
Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan sambutan dalam acara silaturahmi Malang Raya dan pengumpulan dana untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru di rooftop Malang Town Square, Minggu (5/12/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan sambutan dalam acara silaturahmi Malang Raya dan pengumpulan dana untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru di rooftop Malang Town Square, Minggu (5/12/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES -  Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menaruh kepedulian terhadap korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang  dengan menggalang dana sukarela dari jajaran aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Malang.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, pihaknya telah memerintahkan Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso untuk mengoordinasikan terkait pengumpulan dana sukarela dengan target Rp 500 juta. 

"Sudah saya perintahkan Pak Sekda. Nanti kurang lebih terkumpul dengan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Malang sampai Rp 500 jutaan," ujar Sutiaji kepada JatimTIMES.com, Minggu (5/12/2021). 

Untuk penggalangan dana, Sutiaji meminta agar dapat dikumpulkan dari para ASN Pemkot Malang hingga guru. Nantinya bantuan dana tersebut dipergunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan korban erupsi Gunung Semeru. 

"Pengumpulan dana bisa dari ASN dan guru, semua saya minta kumpulkan sesegera mungkin, semalam sudah saya perintahkan itu," terang Sutiaji. 

Hal itu disampaikan Sutiaji ketika menghadiri undangan Silaturahmi Malang Raya dan Gowes Bersama oleh Komunitas Malang Tahes Club (MTC) di rooftop Malang Town Square (Matos). Dalam penggalangan dana acara tersebut, Sutiaji menyebut dana yang terkumpul sementara sekitar Rp 52 juta. 

Lebih lanjut, pihaknya juga telah meminta petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang dan Palang Merah  Indonesia (PMI) Kota Malang beserta relawan untuk dapat bergerak ke kawasan terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. 

Selain itu, pemkot  berkoordinasi dengan komunitas Jip agar dapat turut serta mengevakuasi korban erupsi Gunung Semeru dengan menjangkau lokasi yang sulit dilalui jika menggunakan kendaraan mobil biasa.

"(Mobil Jip) bisa dimodifikasi jadi ambulans untuk menjangkau ke lokasi (yang sulit terjangkau). Apalagi info yang saya terima, katanya debu itu sampai selutut. Agak susah evakuasi," ujar Sutiaji. 

Sementara itu, pemkot  berencana  meninjau lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Peninjauan tersebut untuk menginventarisasi kebutuhan para korban erupsi Gunung Semeru. 

"Lebih efektif itu sebelum kami putuskan jenis bantuannya apa. Jadi, besok insya Allah saya meninjau ke lokasi langsung," pungkas Sutiaji.

Topik
Ketua Umum PBNU KH Said Agil SiradjPemkot MalangWali Kota Malang SutiajiGalang Dana

Berita Lainnya

Berita

Terbaru