Manfaat Mandi Es, Tingkatkan Kesehatan Mental hingga Imunitas

Dec 05, 2021 10:29
Ilustrasi. (Foto: Getty Images/ Alliance).
Ilustrasi. (Foto: Getty Images/ Alliance).

JATIMTIMES - Mandi menjadi sebuah kebiasaan setiap hari untuk membersihkan tubuh. Bahkan bagi sebagian orang mandi dengan cara khusus akan membuatnya merelaksasi pikiran.

Tapi, bagaimana dengan mandi es? Ya, jika kalian mendengarnya akan banyak sekali larangan untuk dilakukan lantaran kondisi yang dingin. Padahal, mandi menggunakan air es punya sederet manfaat buat kesehatan lho.

Dilansir dari berbagai sumber, Byrdie, Elizabeth Gardner, MD, dokter Yale Medicine dan Asisten Profesor Bedah Ortopedi di Yale School of Medicine, mengatakan, merendam tubuh ke bak air dingin selama 10 hingga 15 menit menjadi ritual yang populer di kalangan atlet dan pelaku olahraga hardcore.

Mandi es juga bisa sebagai terapi cryotherapy versi tidak ekstrem. Namun, tak serta merta seenaknya saja ya. Gardner menjelaskan suhu air yang disarankan untuk mandi es dikisaran 10-15 derajat celcius.

Dikatakan pula oleh Gardner dan Dan Bowen, NPTI, NASM, personal trainer dan pendiri Hit Fitness di Philadelphia, mandi es dapat membantu otot pulih setelah olahraga keras dan mencegah nyeri otot. Tapi, selain manfaat itu, ada beberapa manfaat lain yang perlu diketahui mengenai manfaat mandi es. Apa saja?

Meningkatkan Kesehatan Mental

Bagi sebagian orang mandi es dianggap bukan ide yang bagus untuk dilakukan, tetapi faktanya, menurut Gardner, mandi es bisa menjadi relaksasi, memperbaiki pernapasan, bahkan beberapa gangguan lainnya.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Hal lain dikatakan Bowen, mandi es dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Kok bisa? Ya, air dingin memiliki efek positif pada sistem saraf pusat. Hal ini akan membantu tidur dan merasa lebih baik setelah menghabiskan waktu 10 hingga 15 menit untuk berendam di dalamnya.

Mengurangi Risiko Cedera

Mandi es bisa membantu pemulihan pasca cedera dan mengurangi rasa sakit, merangsang pemulihan, dan bisa mengurangi risiko cedera. Misal saja, setelah berolahraga, maka hal ini akan mencegah risiko cedera.

Meningkatkan Imunitas

Dalam jurnal PLoS One, yang diterbitkan pada tahun 2016 menunjukkan, mandi es memiliki manfaat sebagai penguat kekebalan tubuh. Bukti ilmiah itu dengan diketahui orang yang mandi air dingin hampir 30 persen lebih kecil kemungkinannya untuk sakit akibat bekerja atau sekolah.

Topik
manfaat mandi esPPP Peduli Korban Semerumanfaat popcornremaja usia 20Dunia kesehatan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru