Hujan Abu Vulkanik Gunung Semeru Melanda Lima Kecamatan di Kabupaten Malang

Dec 04, 2021 20:56
Tampak abu vulkanik yang turun di Kecamatan Tirtoyudo (foto: istimewa)
Tampak abu vulkanik yang turun di Kecamatan Tirtoyudo (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Lima kecamatan di Kabupaten Malang terkena dampak abu vulkanik yang disemburkan Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021) sore tadi.

Lima kecamatan tersebut antara lain, Kecamatan Ampelgading, Kecamatan Wajak, Kecamatan Tirtoyudo, Kecamatan Dampit dan Kecamatan Turen. “Di Kabupaten Malang hanya terdampak abu vulkanik saja. Informasi dari relawan itu ada lima kecamatan yang terdampak,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan.

Saat ini, BPBD Kabupaten Malang terus melakukan pemantauan pada lokasi yang dekat dengan Gunung Semeru tersebut. Selain itu, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan relawan terkait dampak abu vulkanik di wilayah Kabupaten Malang.

“Kami juga menghimbau warga agar tidak melakukan aktifitas di aliran DAS yang dimungkinkan dialiri guguran awan panas. Dan warga agar tidak panik dan tetap memonitor perkembangan melalui WAG, radio dan tetap mematuhi himbauan yang disampaikan PVMBG dan Pemerintah,” ungkap Sadono.

Sebagai informasi, sampai dengan saat ini visual Gunung  api Semeru masih tertutupi kabut disertai hujan intensitas sedang dan aktivitas APG masih terus berlangsung.

Dan BPBD Kabupaten Malang tetap memonitor dan melakukan koordinasi dengan Pos Gunung Semeru dan relawan tentang perkembangan guguran awan panas Gunung Semeru.

Topik
Gunung Semeruerupsi gunung semeruGunung Semeru meletusdinas pertanian kabupaten lumajang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru