Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Disporapar Kota Malang Gelar Kejurkot Paralympic, Tiga Cabang Olahraga Dilombakan

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

04 - Dec - 2021, 19:39

Kerjurkot yang digelar Disporapar khusus untuk para difabel (ist)
Kerjurkot yang digelar Disporapar khusus untuk para difabel (ist)

JATIMTIMES - Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, terus berperan aktif mendorong kemajuan dunia olahraga di Kota Malang. Hal tersebut dibuktikan dengan digelarnya Kejuaraan Tingkat Kota (Kejurkot). Namun Kejurkot yang digelar kali ini berbeda, sebab hanya diperuntukkan untuk para disabilitas.

Farida Sulistyawati, Kasi Peningkatan Prestasi Olahraga Disporapar Kota Malang menjelaskan, Kejurkot kali ini memang pesertanya dikhususkan untuk para difabel dari berbagai Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kota Malang. "Total ada 8 sekolah. Pesertanya cukup banyak ada sekitar 132 anak," beber Farida Sulistyawati.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam Kejurkot kali ini, terdapat tiga jenis cabang olahraga yang dilombakan. Yakni, cabang olahraga Tenis Meja, cabang olahraga Renang dan cabang olahraga lari 100 meter.

"Untuk penjaringan peserta, kami membuka pendaftaran dan menyebarkan brosur ke sekolah-sekolah," beber Farida.

1

Kejurkot untuk disabilitas sendiri, dijelaskan Farida merupakan yang pertama kali digelar di Kota Malang. Sebelumnya, belum pernah ada event olahraga yang melibatkan para disabilitas ini.  "Juri yang ada pada lomba selain menjuri juga sambil melatih anak-anak disabilitas ini," ungkap Farida. 

Kejurjot ini juga sekaligus untuk menjaring atlet-atlet berpotensi dari para disabilitas. Tentunya, nantinya akan diberikan pembinaan lebih lanjut untuk meningkatkan kemampuan para disabilitas pada cabang olahraga yang ditekuni. 

Para disabilitas yang menekuni keolahragaan, saat ini telah terfasilitasi dengan organisasi National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI). Mereka yang berpotensi tentunya menjadi pantauan NPCI. 

"Namanya (atlet disabilitas yang berpotensi) disetorkan (oleh NCPI) ke Provinsi, mereka akan mendapatkan pembinaan lebih lanjut. Tadi NCPI juga minta dokumentasi untuk dikirimkan ke provinsi," terangnya.

Sementara itu, berikut ini daftar pemenang Kejurkot para tenis meja: 

Untuk kategori putra
1. Axel Marcellino Antonio
2. Albar Atma Kharisma
3. Farhan Rizky Putra

Kategori Putri
1. Devi Lestari
2. Veve Yolanda
3. Aura Herlinda

Untuk daftar pemenang Kejurkot para renang
Kategori Putra

1. Handika Dewa Saputra     
2. Tri Bondan Prakosa         
3. Rifqi Maulana At Tamimi     

Kategori Putri
1. Defiana Trarisa         
2. Bunga Oktavia Shabrina     
3. Raina Anaira Carissa

Daftar pemenang Kejurkot para lari 100 M

Juara lari 100 meter putra tuna grahita & tuna rungu wicara
1. Rendra Pranata 
2. Riski Firdaus
3. Anugrah Pratama

Juara lari 100 meter putri tuna grahita & tuna rungu wicara
1   Lidya Az-zahra
2  Nadila Yesa K.
3. Zaahwa Reysalma


Topik

Olahraga


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya