Gunung Semeru Meletus, Ini Sejumlah Fakta Jadi Primadona para Pendaki

Dec 04, 2021 18:58
Gunung Semeru. (Foto: Istimewa)
Gunung Semeru. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES- Gunung Semeru yang terletak di Jawa Timur meletus pada Sabtu (4/12/2021) sore. Gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini, merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Sebagian orang juga menyebut gunung ini sebagai tiangnya Pulau Jawa. 

Gunung yang juga dikenal dengan Puncak Mahameru-nya ini merupakan salah satu gunung berapi yang aktif di Pulau Jawa. 

Gunung yang berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), juga menjadi salah satu jujugan bagi para pendaki dari seluruh penjuru Indonesia, bahkan mancanegara. 

Meskipun menjadi primadona bagi para pendaki, gunung tertinggi di Pulau Jawa ini juga masih perlu diwaspadai. Selain statusnya sebagai gunung berapi yang aktif, di Kawah Jonggring Saloko yang ada di Puncak Mahameru juga kerap mengeluarkan gas beracun. 

Untuk itu, pendaki yang ke gunung ini dilarang mendaki dari sisi selatan. Bahkan, pihak TNBTS juga hanya memperbolehkan batas pendakian hingga di Pos Kalimati.

Suhu di puncak Mahameru berkisar 4-10 derajat Celsius, pada puncak musim kemarau minus 0 derajat Celsius, dan dijumpai kristal-kristal es. Cuaca sering berkabut terutama pada siang, sore dan malam hari. Angin bertiup kencang, pada bulan Desember hingga Januari sering ada badai.

Gunung yang secara administratif berada di 4 kabupaten ini, yakni Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Malang juga tercatat beberapa kali terjadi erupsi. 

Informasi yang dihimpun, periode tahun 2000 hingga 2021, erupsi Gunung Semeru terjadi pada 2004, 2005, 2007, 2011, 2016, 2018, 2019, 2020 dan 2021 ini. 

Namun, menurut warga sebagian warga sekitar Gunung Semeru, erupsi yang terjadi di Gunung Semeru merupakan hal yang lumrah, bahkan terjadi setiap hari. Hanya saja dengan kapasitas yang kecil.

Bahkan, jika melakukan pendakian ke gunung ini, pada waktu tertentu dan titik tertentu, biasanya pendaki juga dapat merasakan sisa abu vulkanik Gunung Semeru yang terbawa angin. 

Topik
Gunung SemeruGunung Semeru meletusPulau JawaTNBTS

Berita Lainnya

Berita

Terbaru