Pasar Besar Kota Batu Terjual Rp 2,1 Miliar, Rekanan Dipersilakan Bongkar Bangunan

Dec 03, 2021 20:46
Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Harga jual bangunan gedung Pasar Besar Kota Batu yang dilelang secara terbuka terjual mahal. Bangunan pasar terbesar di Kota Batu yang semula ditawarkanRp 597.477.000 ternyata laku sebesar Rp 2,1 miliar.

Lelang itu dimenangkan oleh Aman Riadi asal Surabaya. Bahkan Aman Riadi juga sudah melakukan pelunasan uang Rp 2,1 miliar. Selanjutnya, Aman Riadi bisa melakukan pembongkaran bangunan setelah diterbitkannya surat perintah kerja oleh Pemkot Batu.

“Untuk pemenang lelang pemerataan Pasar Besar Kota Batu sudah melunasi kekurangan. Sehingga rekanan bisa segera melakukan pemerataan,” ujar Kepala Diskumdag Kota Batu Eko Suhartono.

Namun karena pembangunan kios relokasi semi permanen yang tak kunjung selesai, sehingga Pemkot Batu mengusulkan supaya pemerataan bangunan bisa dilakukan di area pasar buah.

“Karena untuk saat ini pedagang yang sudah relokasi adalah pedagang pasar buah, sehingga kami mengusulkan untuk pemerataan bangunan dilakukan di pasar buah,” ucap Eko.

Terpisah Kepala Bidang Aset BKAD Kota Batu Lilik Fariha menambahkan, jika pemenang lelang paket bangunan Pasar Besar Kota Batu sudah melunasi kekurangan pembayaran di hari terakhir Senin (29/11/2021) lalu. “Selanjutnya kami akan terbitkan SPK supaya pemenang dapat segera melaksanakan pembongkaran,” ujar Lilik.

Untuk diketahui, Lelang barang milik daerah berupa Pasar Besar Kota Batu tersebut berupa satu paket bangunan Pasar Besar Kota Batu. Dengan rincian daftar barang berupa satu unit bangunan ledung kantor UPT Pasar Batu seluas 120,75 meter persegi, satu unit bangunan tempat ibadah seluas 42 meter persegi.

Lalu satu unit kantor koppas seluas 48 meter persegi. Kemudian gedung pertokoan seluas 12.474 meter persegi, gedung pos jaga permanen seluas 115,5 meter persegi dan sejumlah bangunan lain yang berdiri di Pasar Besar Kota Batu.

Topik
Berita BatuPasar Besar Kota BatuEko Suhartono

Berita Lainnya

Berita

Terbaru