SPSI Kota Batu Minta Pelaku Usaha Terapkan Kenaikan UMK

Dec 02, 2021 18:44
Aktivitas perekonomian di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Aktivitas perekonomian di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Dengan naiknya Upah Minimum Kota (UMK) Kota Batu tahun 2022 yang telah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjadi Rp 2.830.367,09 atau mengalami kenaikan Rp 10.565,50, harapan besar Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Batu bisa diterapkan oleh pelaku usaha di Kota Batu.

Melihat masih adanya pelaku usaha di Kota Batu yang tidak menerapkan sesuai UMK yang telah diterapkan. Hal tersebut diungkapkan Penasehat dan Bagian Hukum SPSI Kota Batu, Heru Subagyo. Apa yang telah dibahas dan diputuskan tersebut bisa diterapkan oleh pelaku usaha.

“Semoga dengan kenaikan yang sedikit bisa dilaksanakan pelaku usaha di Kota Batu. Karena dengan kenaikan upah ini membantu perekonomian warga,” ucap Heru.

Dengan demikian SPSI Kota Batu menaruh harapan besar kepada seluruh pelaku usaha Kota Batu menerapkan apa yang dituangkan melalui SK Gubernur Jawa Timur Nomor 188/803/KPTS/013/2021 Tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota di Jawa Timur Tahun 2022.

Terpisah GM Aston Inn Batu, Didik Rocki Wahyono menambahkan, pelaku usaha di Kota Batu telah menerima kenaikan UMK yang sudah ditetapkan. Namun harapan besar ke depan pandemi Covid-19 segera berakhir.

“Dengan kenaikan UMK ini para pelaku usaha di Kota Batu menerima apa yang sudah ditetapkan. Semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir, sehingga perekonomian bisa membaik,” ucap Rocki.

Lantaran pandemi Covid-19 iini membuat para pelaku usaha khususnya di Kota Batu terpuruk. Meski demikian pihaknya berupaya agar tidak ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Tetapi kami tetap optimis kunjungan wisata lebih baik dari tahun sebelumnya,” ujar Rocki.

Namun jika keadaan memburuk pihaknya akan berlakukan sistem pengurangan hari kerja tanpa mengurangi jumlah pekerja. Tetapi hal tersebut jadi option terakhir dan semoga hal tersebut diharapnya tidak terjadi.

Topik
UMK kota batuKenaikan UMK

Berita Lainnya

Berita

Terbaru