Lakukan PPSL, PBB UIN Malang Bekali Calon Mahasiswa Program S3 Luar Negeri

Dec 02, 2021 18:34
Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) S3 Luar Negeri melalui Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Maliki Malang (Ist)
Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) S3 Luar Negeri melalui Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Maliki Malang (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang kembali mendapat kepercayaan Kementerian Agama RI. Kali ini, kampus berlogo Ulul Albab itu, dipercaya dalam Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) S3 Luar Negeri melalui Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Maliki Malang

Program ini merupakan kegiatan lanjutan dari rangkaian Project Management Unit (PMU) 5000 Doktor dalam program beasiswa bagi calon Doktor. Sebanyak 17 peserta dari 16 PTKI dan PTKIN mengikuti kegiatan ini selama satu bulan, mulai 25 November 2021 hingga 24 Desember 2021.

Mudir (Direktur) PPB UIN Maliki Malang, Dr M Abdul Hamid mengungkapkan, PPSL ini ditujukan untuk membekali para calon doktor dengan beberapa kemampuan yang akan digunakan selama menempuh studi di luar negeri. 

Tentunya, hal tersebut bukan tanpa alasan. Hal itu dilakukan agar mahasiswa Program Doktor dapat menyelesaikan studinya tanpa kendala dan tepat waktu. Tentang materi yang diberikan, dijelaskan Hamid diantaranya adalah metodologi penelitian.

1

Materi ini merupakan materi yang sangat penting untuk diketahui para peserta. Sebab, para mahasiswa program doktor harus menulis disertasi berbasis dengan penelitian sebelum dinyatakan lulus.

"Selain itu, ada pula pembekalan kemampuan kebahasaan, moderasi beragama, serta tips dan trik studi di negeri orang," tuturnya

Rektor UIN Malang Prof Dr M Zainuddin MA, turut memberikan materi dalam pembekalan tersebut. Dihadapan para peserta, ia menyampaikan terkait sikap wasathiyyah, yakni adil, seimbang, bermaslahat dan proporsional dalam segala dimensi kehidupan.

Disitu pihaknya juga menyampaikan, jika dimana pun berada, sebagai seorang muslim tentunya mengemban sebuah amanah untuk turut berdakwah.

"Para mahasiswa program doktor tentunya bisa selalu menjadi contoh kebaikan. Mengajak lainnya kepada kebaikan dengan cara- yang bijak tanpa adanya kekerasan," pungkasnya.

Topik
program doktorpetani cupangUIN Maliki MalangUIN MalangBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru