Lokasi Alun-Alun Kepanjen Diwacanakan Pindah ke Sisi Barat Pendapa

Dec 02, 2021 17:37
Kepala Bappeda Kabupaten Malang, Tomie Herawanto.(Foto: Riski Wiayanto/ MalangTIMES).
Kepala Bappeda Kabupaten Malang, Tomie Herawanto.(Foto: Riski Wiayanto/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Realisasi pembangunan Alun-alun Kepanjen  Kabupaten Malang ternyata masih jauh dari kata siap. Hal tersebut karena saat ini masih ada beberapa perubahan yang akan dilakukan. Beberapa perubahan tersebut merujuk pada tata letak posisi dibangunnya Alun-alun Kepanjen. 

Dimana menurut Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang, Tomie Herawanto, ada beberapa aspek yang masih harus diperhatikan. Sejumlah aspek tersebut yakni dari unsur ruang, sosial, kemasyarakatan dan lainnya. 

"Kita mendudukkan dan masih memperhatikan norma dari berbagai unsur, dari ruang, unsur sosial, berbagai pertimbangan itu tadi kita menyesuaikan," ujar Tomie.

Hal tersebut juga sembari melakukan penyesuaian terhadap rencana tata ruang wilayah (RTRW), rencana detil tata ruang kabupaten (RDTRK) dan juga Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH). 

Pihaknya juga belum dapat memastikan, dimana nantinya posisi Alun-alun Kepanjen ditempatkan. Hanya saja menurutnya, berdasarkan beberapa norma yang ada, ada wacana bahwa Alun-alun Kepanjen akan ditempatkan di sisi barat Pendapa Kabupaten Malang

"Jadi kita sesuaikan dulu. Ada beberapa aspek bidang, ruang, lingkungan, sisi kajian sosial kemasyarakatan terus mendudukkan kearifan yang ada di Jawa. Kayak di Kota Malang itu, alun-alunnya kan di sebelah baratnya pendapa," terang Tomie. 

Dirinya memperkirakan bahwa realisasi pembangunan fisik Alun-alun Kepanjen masih akan dilakukan pada tahun 2023 mendatang. Meskipun rencana tersebut menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. 

"Rencananya prioritas di tahun 2022. Tapi masih dari sisi awal di sisi perencanaan. Karena RTRW nya belum selesai. Diperkirakan selesainya RTRW tahun 2022. Jadi secara aksi, implementasi realisasinya insya Allah di tahun 2023. Tahun 2022, fokus untuk persiapan dan perencanaan," pungkas Tomie. 

Topik
layanan jaringanAlun alun KepanjenPemkab Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru