Gandeng BPKAD, DPUPRPKP Kota Malang Gelar Sosialisasi Penyusunan Laporan

Dec 02, 2021 17:25
Plt Sekretaris yang sekaligus Kepala Bidang Tata Ruang DPUPR Kota Malang Dahat Sih Bagyono (paling kanan) saat memberikan sambutan dalam sosialisasi penyusunan pelaporan (foto: Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Plt Sekretaris yang sekaligus Kepala Bidang Tata Ruang DPUPR Kota Malang Dahat Sih Bagyono (paling kanan) saat memberikan sambutan dalam sosialisasi penyusunan pelaporan (foto: Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, mengandeng Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAS) Kota Malang melakukan Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan SKPD Khususnya Administrasi Pengelolaan Aset Tahun Anggaran 2021.

Plt Sekretaris yang sekaligus Kepala Bidang Tata Ruang DPUPR Kota Malang Dahat Sih Bagyono, menyampaikan, 
jika sosialisasi ini sangatlah penting. Sebab, sosialisasi ini memberikan wawasan tambahan kepada para pegawai dan meminimalisir kesalahan dalam penyusunan laporan.

1

"Makanya kami di sini menghadirkan narasumber dari BKAD," jelasnya.

Lebih lanjut Dahat menjelaskan, jika setelah pembangunan infrastruktur dilakukan, harus dilakukan pencatatan aset. Dan hal inilah yang saat ini lebih diperdalam oleh DPUPRPKP Kota Malang. 

"Jadi dari BPKAD menyampaikan aturan-aturan baru terkait pencatatan aset yang harus diikuti," terangnya.

DPUPRPKP sendiri, sejak mulai pengadaan barang dan jasa, hingga sampai proses penyerahan sudah terdapat data yang dicatatkan. Akan tetapi, bagaimana melakukan input dalam pelaporan sesuai mekanisme yang baru inilah yang kini ditindaklanjuti. 

Saran dari BPKAD, dimana DPUPRPKP memiliki banyak bidang dengan banyak item barang yang digunakan, maka BPKAD menyarankan untuk setiap bidang memiliki satu petugas yang mencatat atau menyusun laporan.

"Sehingga seluruh bidang diundang. Harapannya semua paham. Sehingga mulai dari pelaksanaan fisik pembayaran hingga penyerahan bisa berjalan dengan baik," tutur Dahat. 

2

Dalam materi yang disampaikan pada sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan SKPD Khususnya Administrasi Pengelolaan Aset Tahun Anggaran 2021.
DPUPRPKP Kota Malang, terdapat dua materi yang disampaikan. 

"Tentang pendataan aset daerah, disampaikan oleh Kasubid Pambudi  Catur Wicaksana dan terkait akutansi disampaikan oleh Dani Kristianto, dua-duanya dari BPKAD," pungkasnya.

Topik
DPUPR Kota Malangpengelolaan asetpelecehan seksual tulungagung

Berita Lainnya

Berita

Terbaru