Pemkab Malang Raih Penghargaan Inovasi Keterbukaan Informasi

Dec 01, 2021 21:11
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto didampingi Inspektur Kabupaten Malang Tridiyah Maestuti dan Plt Kepala Diskominfo Kabupaten Malang Nur Fuad Fauzi. (Foto: Humas Prokopim Kabupaten Malang).
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto didampingi Inspektur Kabupaten Malang Tridiyah Maestuti dan Plt Kepala Diskominfo Kabupaten Malang Nur Fuad Fauzi. (Foto: Humas Prokopim Kabupaten Malang).

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang kembali mendapatkan penghargaan. Kali ini, apresiasi  diberikan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur (Jatim) terkait  inovasi yang dilakukan Pemkab Malang dalam hal keterbukaan informasi. 

Penghargaan soal keterbukaan informasi tersebut dalam kategori Penyedia Informasi Setiap Saat Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur.

Bupati Malang Drs H M Sanusi MM menuturkan, prestasi tersebut merupakan bukti bahwa Pemkab Malang telah menerapkan sistem transparan terkait dengan informasi.  "Komisi Informasi menilai bahwa informasi yang kami sampaikan kepada publik sudah terbuka dan tidak ada yang ditutup-tutupi," ujar Sanusi.

Ke depan, pihaknya akan terus meningkatkan sistem keterbukaan informasi publik tersebut dengan meningkatkan pelayanan digital.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto  mengatakan bahwa prestasi yang telah dicapai tersebut merupakan bagian bagian kepercayaan yang telah diberikan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur kepada Pemerintah Kabupaten Malang dalam rangka menyediakan segenap informasi yang dibutuhkan publik.

"Khususnya masyarakat Kabupaten Malang. Hal ini bertujuan pula untuk menunjang program kerja kami menuju Malang Makmur," ujar Didik yang mengikuti mengikuti acara tersebut melalui Zoom meeting dari Command Center Kabupaten Malang. Saat itu Didik dengan didampingi oleh Inspektur Kabupaten Malang Tridiyah Maistuti dan Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Malang Nur Fuad Fauzi. 

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Provinsi Jawa Timur Hudiyono menuturkan, keterbukaan informasi publik menjadi motivasi bagi seluruh badan publik di Jawa Timur untuk terus berbenah. Hal ini mengacu pada amanat Undang-Undang Nomor 12 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Keterbukaan informasi publik dinilai menjadi faktor utama dalam menyelenggarakan pelayanan publik yang berkualitas," ujar Hudiyono.

Selain itu, modernisasi teknologi informasi serta komunikasi juga membuka peluang bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. "Tentunya dengan cepat dan tepat," pungkas dia.

Topik
kasus damaiPemkab MalangKomisi Informasi Jawa TimurBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru