Juara 1 Lomba Video Pendek, Guru MIN 1 Malang Harumkan Nama Sekolah di Kancah Nasional

Dec 01, 2021 16:09
Guru MIN 1 Malang sukses meraih Juara 1 Tingkat Nasional Lomba Video Pendek Katagori MI “Moderat Madrasahku, Moderat Indonesiaku” yang diselenggarakan oleh GTK Madrasah Kemenag RI dalam rangka Hari Guru Nasional 2021 secara online (Ist)
Guru MIN 1 Malang sukses meraih Juara 1 Tingkat Nasional Lomba Video Pendek Katagori MI “Moderat Madrasahku, Moderat Indonesiaku” yang diselenggarakan oleh GTK Madrasah Kemenag RI dalam rangka Hari Guru Nasional 2021 secara online (Ist)

JATIMTIMES - Irma Fajarwati, berhasil mengharumkan nama MIN 1 Kota Malang ditingkat nasional. Guru yang mempunyai hobi kolase foto dan menata mading ini sukses menjuarai Juara 1 Tingkat Nasional Lomba Video Pendek. 

Juara tersebut diraih pada kategori MI “Moderat Madrasahku, Moderat Indonesiaku” yang diselenggarakan oleh GTK Madrasah Kemenag RI dalam rangka Hari Guru Nasional 2021 secara online.

Dijelaskan Irma, awalnya ia mangkui berat untuk menerima tugas menjadi perwakilan untuk mengikuti lomba ini. Sebab, pada waktu yang bersamaan terdapat perlombaan lain yang juga diikuti, yakni perlombaan yang digelar oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). 

Meskipun dirasa berat, dirinya tak lantas menolak tugas tersebut. Dirinya tetap berusaha semaksimal mungkin untuk mengikuti perlombaan yang telah ditugaskan. Mengenai persiapan yang dilakukan, dijelaskan Irma melalui berbagai tahap.

2

Dimulai dari tahap penentuan ide, membuat sketsa,  menyiapkan bahan untuk mengisi mading, mengumpulkan gambar, menggunting, menempel gambar, membuat tulisan, menggambar, hingga memberi hiasan. 

"Pernak-pernik isi mading juga banyak antara lain: teks puisi, artikel, kata bijak, komik, humor, teka-teki, pantun, slogan, gambar pakaian atau budaya daerah dan cerita. Kelihatannya memang ribet, namun saya senang mengerjakannya," jelasnya. 

Setelah mading selesai, tahap berikutnya adalah membuat naskah untuk penampilan, pengambilan video, edit video dan finishing.  Untuk lomba yang diselenggarakan GTK Kemenag RI pihaknya menampilkan pembelajaran tentang Pengenalan Moderasi Beragama di Madrasah melalui Mading Tiga Dimensi.

”Semoga Mading Tiga Dimensi yang dibuat ini memudahkan siswa untuk memahami tentang konsep moderasi beragama, dapat mempraktikkan sikap moderat dalam beragama dan semoga saya pribadi semakin termotivasi untuk memberikan karya-karya yang bermanfaat, khususnya bagi MIN 1 Kota Malang

1

tercinta,” tambah guru yang jago bermain gitar ini.

Sementara itu, Kepala Sekolah MIN 1 Kota Malang, Drs Suyanto MPd, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap prestasi yang diraih oleh guru MIN 1 Kota Malang. Pihaknya mengaku sangat bangga atas capaian yang diraih, dimana bukan sekedar tingkat daerah, melainkan tingkat nasional.

Raihan yang diperoleh Guru MIN 1 Kota Malang atas nama Irma Fajarwati ini, diharapkan Suyanto turut bisa menginspirasi dan memotivasi guru serta karyawan yang lain untuk berkreasi dan berinovasi memberikan pelayanan yang terbaik dan menjadi contoh baik untuk sekolah atau madrasah yang lain.

"Tahun depan kita akan berusaha untuk meningkatkan prestasi pendidik dan tenaga pendidikan di segala level, baik kepala madrasah, guru dan tenaga kependidikan. Semoga dengan upaya yang kenal lelah, dengan semangat  tiada hari tanpa prestasi, kita bisa meraih 3 prestasi tingkat nasional," pungkasnya.

Topik
lomba guru nasionalMIN 1 Kota MalangSansiagaa Unohari guru nasional

Berita Lainnya

Berita

Terbaru