Hujan Intensitas Tinggi, Banjir Lumpur Kembali Landa Kota Batu

Nov 30, 2021 17:41
Petugas saat melakukan pembersihan di lokasi Jalan Abdul Ghani Atas, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Selasa (30/11/2021). (Foto: istimewa)
Petugas saat melakukan pembersihan di lokasi Jalan Abdul Ghani Atas, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Selasa (30/11/2021). (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Banjir lumpur kembali terjadi di Kota Batu. Kini, banjir lumpur melanda Jalan Abdul Ghani Atas, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Selasa (30/11/2021). Banjir lumpur di Ngaglik terjadi lantaran hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di Kota Batu.

Lagi-lagi, saluran irigasi yang mengalami pendangkalan membuat air yang mengalir tidak tertampung dan akhirnya meluap ke jalan. Bahkan air yang meluap itu menutup badan jalan sepanjang 20 meter dan lebar 6 meter. Tebal material lumpur mencapai 15 cm. Akibatnya lalu lintas pun terganggu.

"Air meluap bercampur lumpur sehingga menutup jalan. Kendaraan yang melewati jalan terganggu,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu.

Mendapati informasi tersebut tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kota Batu, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Agen Bencana Jawa Timur, Linmas Ngaglik, relawan, dan warga bahu membahu melakukan pembersihan. Agar lumpur tidak membahayakan, penyemprotan dengan air pun dilakukan.

Kini, kondisi jalan tersebut sudah kembali bersih dari luapan lumpur, sehingga sudah aman untuk dilintasi oleh pengendara.

Walau demikian, Agung mengimbau pengguna jalan meningkatkan kewaspadaan saat melalui ruas jalan tersebut. Sebab kondisi saat ini masih diguyur hujan. Kemudian perlu dilakukan pembuatan sudetan.

“Lalu juga perlu dilakukan normalisasi saluran irigasi supaya tidak meluap ketika hujan intensitas tinggi. Juga pembuatan dinding penahan tebing,” tambah Agung.

Topik
permukiman kumuh di jatimBPBD Kota Batuberita bencana kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru