Vaksinasi Lansia Sudah 60,67 Persen, Kota Batu Segera Masuk Level 1

Nov 29, 2021 15:55
Tenaga kesehatan saat melakukan vaksin Covid-19 kepada warga di Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Tenaga kesehatan saat melakukan vaksin Covid-19 kepada warga di Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Setelah sukses mencapai target pada 100 persen pada vaksinasi Covid-19 kategori anak 12-18 tahun, penambahan jumlah vaksinasi Covid-19 pada lansia mulai menunjukkan progresnya. Saat ini cakupan vaksinasi Covid-19 lansia sudah mencapai 60,67 persen.

Dengan demikian dalam waktu dekat Kota Batu bisa turun menjadi level 1. Sebab untuk bisa mencapai level 1 cakupan vaksinasi dosis pertama harus mencapai 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 60 persen.

“Kabar baiknya vaksinasi lansia sudah 60,67 persen. Alhamdulillah bisa masuk level satu,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Batu, Susana Indahwati.

Dia mengatakan, hal ini memang menjadi kabar baik untuk Kota Batu. “Karena cakupan vaksinasi lansia Kota Batu sudah 60.67 persen. Alhamdulillah bisa masuk level satu,” ungkapnya.

Capaian vaksinasi pada lansia itu bisa mencapai 60 persen lebih lantaran upaya Pemkot Batu dengan jemput bola. Ya Pemkot Batu melakukan vaksinasi dari pintu ke pintu, memberikan sosialisasi dan penjelasan pentingnya vaksinasi Covid-19.

Sementara untuk cakupan vaksinasi dosis pertama di Kota Batu sudah mencapai 157.640 orang atau persentase sebesar 95,58 persen. Sedangkan, vaksin dosis kedua mencakup 129.601 orang atau 78,58 persen. Sementara vaksin dosis ke 3 mencakup 1.616 orang atau 97,23 persen.

Tetapi bagi masyarakat yang sudah mendapati vaksinasi Covid-19 dosis satu dan dua agar tidak menyelepelekan virus tersebut. Harus tetap disiplin protokol kesehatan.

“Harus tetap disiplin prokesnya, 6M adalah memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga kesehatan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas atau bepergian kecuali untuk keperluan sangat mendesak,” terang Susan.

Kemudian juga meminta bagi yang belum melakukan vaksinasi bisa segera melakukan di pelayanan kesehatan terdekat. Tentunya untuk mencapai herd immunity untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Topik
Vaksinasi Covid 19vaksinasi kota batuvaksinasi lansiaherd immunity

Berita Lainnya

Berita

Terbaru