Malang Satu Data, Inovasi Integrasi Pendataan Pemkot Malang

Nov 29, 2021 13:24
Pelatihan perwakilan perangkat daerah (PD) Pemkot Malang terkait pengimplementasian Malang Satu Data. (Foto: Diskominfo Kota Malang for MalangTIMES).
Pelatihan perwakilan perangkat daerah (PD) Pemkot Malang terkait pengimplementasian Malang Satu Data. (Foto: Diskominfo Kota Malang for MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus mengoptimalkan pelayanan berbasis digitalisasi. Salah satunya, guna mengintegrasikan pendataan melalui "Malang Satu Data".

Platform yang dibangun Pemkot Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) tersebut, sekaligus bagian dari realisasi amanat Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

111111111d021e44f0c1c03e6.png

Dalam hal ini, proses pelatihan dilakukan kepada perwakilan di seluruh perangkat daerah (PD) di wilayah Pemkot Malang. Hal ini, guna meningkatkan pemahaman petugas dalam proses input data. 

Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Kota Malang J.A. Bayu Widjaya mengatakan, Malang Satu Data ini dapat diakses oleh siapapun. Sehingga, integrasi pendataan berlangsung secara transparan.

Pelatihan-perwakilan-perangkat-daerah-296e7a9f94532d6cc.jpg

“Malang Satu Data nantinya bisa diakses oleh siapapun. Tentunya dengan kriteria, misal saja tidak mungkin Malang Satu Data digunakan untuk laporan ke wali kota dalam mencairkan anggaran. Kalau aplikasinya belum bisa terintegrasi antarperangkat daerah, setidaknya datanya terintegrasi satu sama lain," jelasnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Mulyono, menambahkan, dengan adanya inovasi Malang Satu Data ini akan menjadikan pendataan menjadi satu kesatuan data yang sangat strategis.

Pelatihan-perwakilan-perangkat-daerah-16cf29475511f51fc.jpg

Sebab, data merupakan pondasi kuat dalam sebuah kota untuk kesejahteraan masyarakat. Tidak bisa dianggap sebagai aksesoris semata, tetapi, lebih dari itu sebagai alat pengukur yang digunakan untuk menentukan kebijakan dan bisa ditampilkan lebih apik dan lengkap.

Hal ini pun menjadi satu langkah untuk menghindari adanya tumpang tindih dalam pendataan-pendataan antar PD di Pemkot Malang. 

Pelatihan-perwakilan-perangkat-daerah-38773776a1b3a96de.jpg

"Sejak awal, tanpa adanya data maka tidak bisa bekerja. Terlihat remeh, tapi ketika Kota Malang sudah bisa melakukannya, saya pastikan tidak ada lagi masalah-masalah apalagi sampai adu data," tandasnya.

Topik
pelayanan digital kota malangDiskominfo Kota Malangnu care kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru