Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Malang, 14 Seniman Unjuk Karya dalam Lomba Mural

Nov 28, 2021 20:48
Owner NK Cafe Joni Sujatmoko dan Kepala Diskominfo Kabupaten Malang Nur Fuad Fauzi bersama keempat juara lomba mural berfoto di depan karya yang meraih juara pertama.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Owner NK Cafe Joni Sujatmoko dan Kepala Diskominfo Kabupaten Malang Nur Fuad Fauzi bersama keempat juara lomba mural berfoto di depan karya yang meraih juara pertama.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Sebanyak 14 seniman dari beberapa wilayah di Indonesia bertarung dalam ajang lomba mural. 

Lomba yang digelar oleh NK Cafe tersebut mengambil tajuk Trisakti Bung Karno+Alam Lestari Untuk mewujudkan Pancasila. Dan digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Ke-1261 Kabupaten Malang.

Owner NK Cafe Joni Sujatmoko menjelaskan bahwa digelarnya ajang tersebut merupakan wujud kebanggaan sebagai satu entitas ekonomi yang tumbuh di Kabupaten Malang. Dan juga untuk menunjang upaya Kabupaten Malang untuk menuju Malang Makmur.

"Trisakti Bung Karno itu ada tiga. Yaitu berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian dalam budaya. Yang sudah diwujudkan Bung Karno adalah berdaulat dalam politik, tapi berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian budaya masih menjadi PR. Dan tentu alam lestari, kalau tidak lestari sama juga bohong," terang Joni.

Melalui tema yang diambil dalam lomba tersebut, Joni ingin mengajak masyarakat untuk dapat mandiri secara ekonomi. Caranya, dengan menumbuhkan kebanggaan terhadap Indonesia melalui membeli produk-produk dalam negeri.

"Berdikari itu tidak anut-anutan dan bangga dengan Indonesia. Tiinggal beli produk Indonesia. Kalau sudah beli, indonesia bisa berdikari dalam hal ekonomi. Ini kebanggan kita sebagai entitas ekonomi yang sudah settle di Kabupaten Malang. Dan kami lakukan. Salah satunya pada moment Hari Jadi Kabupaten Malang ini untuk turut memeriahkan," imbuh Joni.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang pun menyambut baik dan menyampaikan apresiasinya atas digelarnya lomba mural tersebut. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang Nur Fuad Fauzi menyebut, setidaknya lomba tersebut dapat menjadi stimulus untuk kembali mencintai tanah air.

"Kita sangat merindukan kemandirian di masa lalu. Dan ini momen kita untuk menumbuhkan kembali kecintaan kita terhadap Indonesia. Mudah-mudahan, dengan upaya yang kita lakukan, dapat diikuti dengan kita memiliki daya saing kembali," ujar Fuad.

Sedangkan peraih juara pertama dalam lomba mural tersebut ,Dimas Eka, mengatakan bahwa karya yang dibuat merupakan bentuk representasi dari upaya pelestarian budaya yang dipadukan dengan adaptasi terhadap modernisasi.

“Kami berupaya mengekspresikan sebuah pelestarian budaya dengan bumbu pop art, sebagai adaptasi penyampaian kepada anak muda agar lebih familiar, namun tetap elegan. Karena menurut kami, beradaptasi dengan hidup modern itu perlu. Namun pelestarian budaya itu harus terus dilakukan,” ungqkapnya.

Sementara itu, lomba yang digelar sejak Jumat (26/11/2021) lalu tersebut mengambil 4 karya terbaik sebagai juara. Rincian hadiah yakni juara pertama mendapat hadiah sebesar Rp 3.500.000, juara 2 Rp 2.500.000, juara 3 Rp 1.500.000 dan juara 4 Rp 1.000.000. Sementara untuk peserta lainnya mendapatkan Rp 150.000 dan goodiebag.

Topik
arifin ilhamlomba muralPemkab MalangBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru