DPD PKS se-Malang Raya Gelar Lomba Baca Kitab Kuning, 3 Juara Sabet Hadiah

Nov 28, 2021 16:33
Jajaran pengurus DPD PKS se-Malang Raya saat bersama para juara lomba membaca kitab kuning di Kantor DPD PKS Kabupaten Malang, Sabtu (27/11/2021). (Foto: Istimewa)
Jajaran pengurus DPD PKS se-Malang Raya saat bersama para juara lomba membaca kitab kuning di Kantor DPD PKS Kabupaten Malang, Sabtu (27/11/2021). (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) se-Malang Raya yang meliputi DPD PKS Kota Malang, DPD PKS Kota Batu dan DPD PKS Kabupaten Malang menggelar Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) ke-5 yang diikuti oleh sekitar 71 peserta. 

Aara LBKK ke-5 kali ini digelar di Kantor DPD PKS Kabupaten Malang yang berlokasi di Jalan Kapi Minda, Kabupaten Malang secara hybrid ataupun digelar dalam kondisi offline maupun online. 

Pengurus PKS.

Hadir dalam pembukaan LBKK ke-5 yang digelar di Kantor DPD PKS Kabupaten Malang ini diantaranya, Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko Purnomo, Ketua DPD PKS Kota Batu Ady Sayoga dan Ketua DPD PKS Kabupaten Malang Erfan Dwi Prasetyo. Selain itu juga hadir Anggota Fraksi PKS di DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono, Asmualik dan dari Fraksi PKS DRPD Kota Batu Ludi Tanarto. 

Ketua Panitia yang juga Ketua Bidang Pembinaan Umat DPD PKS Kota Malang Taufiq Ibadi mengatakan, kegiatan yang digelar secara hybrid ini diikuti sebanyak 71 peserta. Dalam proses pengambilan nomor urut dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom. 

"Sehingga peserta yang datang ini sudah dijadwal apakah datang pagi hari, siang atau sore hari," ungkap Taufiq dalam keterangan resmi yang diterima JatimTIMES.com. 

Kegiatan LBKK ke-5 ini dilakukan berjenjang dari Malang Raya, Provinsi Jawa Timur hingga di Fraksi PKS DPR RI Jakarta. Hadiah utama di tingkat pusat, total uang tunai sebesar Rp 75 juta dan hadiah utama umroh ke tanah suci. Sementara untuk tingkat Malang Raya, hadiah yang diperebutkan totalnya mencapai Rp 4,5 juta. 

Juara LBKK ke-5.

Dalam LBKK ke-5 yang digelar oleh DPD PKS se-Malang Raya ini didapatkan tiga juara. Diantaranya juara satu diraih oleh Jamaluddin dengan nilai 1.082 dari Pondok Pesantren (PP) Mambaul Ulum Jabung, Kabupaten Malang.

Kemudian juara dua diraih oleh Mukhlas Zakaria dengan nilai 1.069 yang merupakan alumni PP Sidogiri dan menjadi pengajar PP Darul Mukhlisin Kota Malang. Sedangkan juara tiga diraih oleh Muhammad Yusron dengan nilai 1.065 dari PP As-Salam Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Sementara itu, Ketua Badan Pembinaan Daerah (BPD) Malang Raya Syaiful Rosyid mengungkapkan, kegiatan LBKK ke-5 kali ini membedah kitab Fathul Mu'in karya Syaikh Zainuddin Abdul Aziz Al-Malibary yang umum menjadi rujukan di pesantren-pesantren di Indonesia. 

"Kami ingin memberikan apresiasi kepada generasi muda pesantren untuk mempelajari Kitab Kuning Fathul Mu'in sebagai rujukan keilmuan klasik yang masih sangat relevan dengan kondisi kita saat ini," ujar Syaiful. 

Hal ini merupakan bentuk kerjasama antara Fraksi PKS di DPR RI dengan Fraksi PKS di tingkat Provinsi maupun Kota/Kabupaten di Malang Raya.

Lebih lanjut, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Dwi Hari Cahyono menuturkan, dalam pembukaan kegiatan LBKK ke-5 ini, bahwasannya kegiatan ini merupakan bentuk konsistensi Fraksi PKS dalam mensyiarkan khasanah keilmuan pesantren. 

"Kegiatan ini sejalan dengan garis perjuangan Fraksi PKS yang memperjuangkan kerakyatan, keummatan, dan penokohan Nasionalisme Indonesia," tandas Dwi. 

Dalam wilayah keummatan, Fraksi PKS di DPR RI bersama dengan Fraksi partai politik (parpol) lainnya telah berhasil mengesahkan Undang-Undang Pesantren. Hal ini merupakan bentuk penghormatan kepada pesantren, ulama, dan santri yang begitu besar kontribusinya bagi bangsa dan negara sejak masa perjuangan kemerdekaan.

Topik
produk indonesiaPKS Kota MalangPartai Keadilan SejahteraBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru