Jangan Dibuang, Konsumsi Biji Pepaya Banyak Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Nov 28, 2021 13:32
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock).
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock).

JATIMTIMES - Mengonsumsi buah-buahan kaya akan manfaat. Tapi, bagaimana dengan bijinya?

Ya, saat mengonsumsi buah-buahan, banyak orang yang membuang bagian bijinya. Padahal, beberapa penelitian membuktikan bahwa biji juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya, kandungan dalam biji buah pepaya.

Dilansir dari berbagai sumber, website National Center for Biotechnology Information, Institut Jamia Hamdard India mengungkapkan manfaat biji pepaya sebagai antijamur.

Begitu juga dari hasil penelitian yang berjudul The Surprising Health Benefits of Papaya Seeds: A review oleh Dr. Neethu S Kumar, Sreeja Devi PS, yang dikutip dari laman Research Gate. Terdapat pula beberapa manfaat biji pepaya, seperti antikanker dan antioksidan.

Lantas, bagaimana cara mengonsumsi biji pepaya untuk mendapat manfaat-manfaat tersebut?

Jika kalian merasa nyaman, biji pepaya bisa dikonsumsi secara mentah. Dikutip dari Herbal Goodness, biji pepaya dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan dimasukkan ke dalam kulkas. 

Sebagai permulaan, cobalah untuk mengonsumsi sebiji atau dua biji dulu dengan cara dikunyah ya. Jika tidak ada efek selama tiga hari ke depan, maka jumlah konsumsi bisa ditingkatkan.

Cara lainnya, kalian bisa mengonsumsi biji pepaya dengan cara digiling. Dengan begitu kamu bisa menjadikannya sebagai campuran dalam makanan penutup, smoothies, jus buah, yogurt, atau jus lemon.

Dikutip dari Everyday Health, rasa pedas pada biji pepaya juga cocok dijadikan sebagai bumbu untuk banyak hidangan. Caranya, cuci biji pepaya dengan saringan, lalu bilas dengan air.

Gosok biji pepaya dengan tangan untuk menghilangkan residu yang tersisa, lalu letakkan di atas handuk atau loyang agar kering. Setelah itu, kamu dapat menghancurkan atau menggiling bijinya sebelum menambahkannya ke makanan.

Namun, perlu diingat ya, bagi penderita magh dan ibu hamil sebaiknya untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum ikut mengonsumsi biji pepaya.

Topik
pepayapepayahidup sehat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru