Doa Singkat yang Bisa Diamalkan di Masa Pendemi Covid-19, Maknanya Luar Biasa

Nov 28, 2021 09:47
Ilustrasi berdoa. (Foto: Source google).
Ilustrasi berdoa. (Foto: Source google).

JATIMTIMES - Pandemi Covid-19 yang belum selesai menjadikan masyarakat di seluruh dunia waspada. Segala bentuk ikhtiar untuk terus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) menjadi salah satu kunci utama. Namun, selain usaha, umat muslim juga dianjurkan untuk selalu berdoa agar terhindar dari penyakit apapun. Doa menjadi sumber kekuatan bagi orang beriman.

Ada salah satu doa singkat yang bisa diamalkan di masa pandemi Covid-19 ini. Doa ini, disebut di dalam Kitab Riyadhus Shalihin yang bersumber dari Hadis riwayat Imam At-Tirmidzi dan Abu Dawud.

Berikut Doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِى دِينِى وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

Allahumma innii As Alukal 'Afwa wal 'Aafiyah Fii Diini wad Dun-Yaa wal Akhirah.

Artinya:
Yaa Allah aku memohon kepada-Mu kemaafan dan 'Afiyah dalam urusan agamaku, duniaku dan akhiratku.

Meski doa ini pendek, namun kandungannya luar biasa. Sebab, mencakup segala kebaikan dan perlindungan dari segala keburukan.

Nabi Muhammad SAW menyebut, kalimat 'Afiyah dalam doa ini. Yang memiliki arti hal yang tidak ada bandingannya. Barangsiapa yang diberikan 'Afiyah di dunia dan akhirat maka sungguh telah disempurkan kebaikan dalam jumlah yang besar padanya.

Diceritakan, Al-Abbas (paman Nabi) pernah bertanya: "Wahai Rasulullah, ajarkanlah sesuatu padaku yang dengannya aku berdoa kepada Allah? Nabi Sallam menjawab: "Mintalah (berdoalah) kepada Allah mintalah 'Afiyah".

Kemudian Al-Abbas tidak bertemu beliau selama beberapa hari lalu datang lagi menemui Nabi dan bertanya: "Wahai Rasulullah, ajarkanlah sesuatu padaku yang dengannya aku berdoa kepada Allah 'Azza wa Jalla?" Lalu beliau menjawab: "Wahai Paman Rasulullah, berdoalah kepada Allah mintalah 'Afiyah pada urusan dunia dan akhirat.

Makna 'Afiyah sendiri memiliki arti menyelamatkan diri dari semua kesusahan yang menimpa. Untuk menjadi sehat, kita perlu berada di dalam 'Afiyah. Untuk mempunyai uang yang cukup, kita harus berada di dalam 'Afiyah. Untuk terus hidup sejahtera, kita harus berada di dalam 'Afiyah.

Agar anak-anak dilindungi, kita perlu berada di dalam 'Afiyah. Dan jika kita sudah diampuni dan tidak dihukum, kita berada dalam 'Afiyah. Di mana, hakikatnya 'Afiyah itu sama dengan memohon: "Ya Allah, lindungilah aku dari segala kesakitan, kesusahan dan penderitaan baik di dunia maupun di akhirat."

Sayyidina Abbas berfikir tentang ini dan kemudian datang kembali kepada Nabi lalu berkata: "Ya Rasulullah, doa ini sepertinya sedikit pendek. Saya minta sesuatu yang lebih panjang."

Nabi berkata: "Wahai pamanku yang dikasihi, mohonlah kepada Allah untuk 'Afiyah, maka tidak ada pemberian yang lebih baik daripada 'Afiyah. Ia adalah satu doa yang mudah namun terbaik".

Topik
kalimat afiyahdrama koreo baruNabi Muhammad SAW

Berita Lainnya

Berita

Terbaru