Dilanda Longsor, 2 Rumah di Kota Batu Terancam Ambruk

Nov 27, 2021 19:30
Salah satu rumah warga yang disangga bambu usai longsor di Jalan Kelengkeng, Dusun Krajan, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu.
Salah satu rumah warga yang disangga bambu usai longsor di Jalan Kelengkeng, Dusun Krajan, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

JATIMTIMES - Hujan lebat kembali membuat tanah longsor di Kota Batu. Dua rumah terancam ambruk akibat tanah longsor pada Sabtu (27/11/2021). Dua rumah itu, milik Siyasan warga di Jalan Kelengkeng, Dusun Krajan, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, dan rumah Haris, warga di Jalan Sumber Urip RT 3 RW 2 Dusun Krajan Kidul, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. 

Rumah Siyasan terancam ambruka karena plengsengan dengan panjang 16 meter dan tinggi 9 meter mengalami longsor. Jarak dinding rumah dengan plengsengan yang longsor tinggal 0,5 meter. Jika hujan deras berpotensi terjadi longsor susulan dan membahayakan penghuni rumah.

Kerusakan yang terjadi dengan ukuran panjang 4 meter dan tinggi 2,5 meter. Pada dinding dapur ambrol, dinding rumah retak, peralatan dapur sebagian rusak dan tertimbun material longsor. Dan genteng sebagian hancur ukurannya 2x4 meter.

Pelaksana Tugas (plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota BatuAgung Sedayu mengatakan, kejadian itu terjadi lantaran drainase yang berada tepat di samping rumah Siyasan ada perbaikan, ditambah ada hujan lebat sehingga terjadi longsor.

“Hujan dengan intensitas tinggi di Kota Batu dan sedang dilakukan perbaikan saluran drainase, mengakibatkan dinding dapur, sebagian atap, dan plesengan mengalami longsor,” kata Agung, Sabtu (27/11/2021).

Agar kondisi tidak semakin parah, warga dan petugas menahan atap dengan menggunakan beberapa bambu. Kemudian dilakukan pembersihan material tanah atau plengsengan yang longsor bersama warga sekitar.

Kemudian juga dilakukan pembersihan penurunan atap rumah yang rusak. Juga pembersihan bagian dapur. “Upaya yang harus segera dilakukan dengan pembangunan segera plengsengan samping rumah tapi yang menjadi tanggung jawab adalah pengembang perbaikan drainase,” tambah Agung.

Pihaknya juga berencana memberikan bantuan peralatan dapur. Dan pemberian bantuan berupa terpal dan kebutuhan logistik.

 

Topik
Kota BatuBPBD Kota BatuAgung Sedayu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru