Erick Thohir Tekankan Dukungan BUMN ke UMKM sebagai Ujung Tombak Perekonomian

Nov 27, 2021 17:55
Menteri BUMN Erick Thohir didampingi Bupati Malang HM. Sanusi saat berkunjung di Kabupaten Malang.(Foto:Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir didampingi Bupati Malang HM. Sanusi saat berkunjung di Kabupaten Malang.(Foto:Istimewa)

JATIMTIMES - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meyakinkan bahwa keberadaan BUMN dalam geliat perekenomian sangat mendukung tumbuh kembang pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia. Hal itu ditegaskan  Menteri BUMN Erick Thohir saat memimpin rombongan untuk berkunjung ke Kabupaten Malang, Sabtu (27/11/2021). 

Menurut Erick, salah satu dukungan yang diberikan kepada pelaku UMKM di Indonesia yakni dengan mendorong pihak perbankan agar dapat mengambil peran dalam pertumbuhan UMKM. Tentu dengan pembiayaan. 

"Kalau kita lihat perbandingannya soal pembiayaan perbankan antara kita Indonesia dengan negara tetangga Malaysia dan Thailand, itu kurang lebih pembiayaannya 50 persen. Sedangkan kita Indonesia masih 20 persen," ujar Erick. 

Mengingat keberadaan UMKM di Indonesia sebagai tulang punggung perekonomian. Erick menyebut, untuk dapat mendukung geliat UMKM di Indonesia, Kementerian BUMN juga melakukan berbagai langkah dan upaya. Baik dari segi pembiayaan, akses pasar, maupun pendampingan. 

"Saya rasa kondisi UMKM adalah sesuatu yang harus didorong karena kita mengingat tulang punggung Indonesia adalah UMKM. Untuk itu, kita mendorong pihak perbankan untuk memiliki keberpihakan terhadap UMKM," imbuh Erick. 

Salah satu inovasi Kementerian BUMN untuk mendukung UMKM adalah dengan meluncurkan website Pasar Digital (Padi) UMKM. Website tersebut menampilkan berbagai produk dan jasa dari seluruh Indonesia yang berbasis UMKM. 

Menurut Erick, hingga saat ini, sudah asa 10.100 UMKM di bawah BUMN yang terdaftar di Padi UMKM. Ada sebanyak 120 ribu transaksi yang totalnya bernilai hingga Rp 12,4 triliun. 

"Kita ingin memastikan bahwa UMKM bisa menjadi ujung tombak. Jadi, BUMN sangat pro  UMKM. Baik pembiayaan, pendampingan dan juga akses pasar," pungkas Erick. 

Topik
Menteri BUMN Erick ThohirErick TohirUsaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)Kasus suap Liga 3

Berita Lainnya

Berita

Terbaru