Program KMMI Kemdikbud, Kampus di Malang Lahirkan 4 Keahlian

Nov 27, 2021 14:16
Para pengajar program KKMI yang berasal dari dunia kerja dan industri (Anggara Sudiongko/Malang)
Para pengajar program KKMI yang berasal dari dunia kerja dan industri (Anggara Sudiongko/Malang)

JATIMTIMES - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan meluncurkan program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) 2021. 

Program KMMI merupakan pembelajaran bentuk kursus singkat atau short course yang mencakup hard skills dan soft skills. Program ini mendukung kampus merdeka mempersiapkan mahasiswa melalui pembelajaran yang merepresentasikan dunia industri. 

1

Salah satu kampus yang melaksanakan KKMI adalah Universitas Wisnu Wardhana (Unidha) Malang. Rektor Unidha, Prof Suko Wiyono menyampaikan, KKMI di Unidha diikuti oleh 280 mahasiswa dari seluruh Indonesia. Total terdapat 85 perguruan tinggi Perguruan Tinggi Negeri/Perguruan Tinggi Swasta (PTN/PTS) di seluruh Indonesia.

"Program ini sebagai aktualisasi dan refrensi materi dalam dunia kerja dan industri. Ini menjadi program pelengkap pembelajaran yang tentunya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa," terangnya.

Lanjut Suko, melalui program ini, para mahasiswa memiliki kesempatan belajar di luar kampus untuk meningkatkan pendidikan yang didapatkan serta untuk meningkatkan softskill dan kemampuan mahasiswa, yang itu komprehensif dan mengarah langsung pada dunia kerja.

2

"Banyak keuntungan bagi mahasiswa, salah satunya, kemudahan untuk bisa belajar dari manapun serta jurusan di luar disiplin ilmu yang mereka ambil," tuturnya.

Proses pelaksanaannya, dengan menghadirkan para pengajar dari dunia industri. Karena dalam konsepnya merupakan kursus singkat, dalam pembelajaran dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan dan dilakukan secara daring.

Dalam penutupan KKMI Unidha ini, juga menghasilkan empat program keahlian. Program tersebut antara lain Transferable Skill of Entrepreneur Course, Public Sector Financial Reporting Technic (Perfect Course), Practice Supervisory and Managerial Skills, Teknik Perancangan dan Negosiasi Kontrak.

Topik
dunia industriPerguruan Tinggi SwastaKota MalangBerita MalangBerita Jatimprogram kmmi kemendikbudprogram kmmi kemendikbud

Berita Lainnya

Berita

Terbaru