Juara Debat Ekonomi Kreatif, 3 Mahasiswi Harumkan Nama Kampus Unikama di Tingkat Nasional

Nov 26, 2021 20:17
Tiga mahasiswi Unikama yang meraih juara 2 lomba debat tingkat nasional (Ist)
Tiga mahasiswi Unikama yang meraih juara 2 lomba debat tingkat nasional (Ist)

JATIMTIMES - Nama Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) kembali harum di kancah nasional. Hal ini setelah tiga mahasiswinya meriah juara 2 dalam kejuaraan lomba debat ekonomi kreatif yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. 

Ya, tiga mahasiswi tersebut yakni Nur Agustin Rosydatul Aini,  Yovani Dalia dan Mardiana Waingu Bela Mata. Dijelaskan Aini, jika dalam perlombaan debat ini tidaklah mudah. Sebab, para pesertanya juga merupakan mahasiswa dari kampus-kampus besar di Indonesia. "Ada 16 peserta dari berbagai universitas negeri maupun swasta di Indonesia," tutur mahasiswi jurusan akuntansi angkatan 2018 itu.

Sebelumnya, mulai dari pendaftaran yang dilakukan via online, dirinya bersama tim yang terdiri dari tiga mahasiswa, kemudian harus menjalani sejumlah tahapan pada babak penyisihan, semifinal hingga babak final. 

Tantangan yang dihadapi adalah pasangan tim dari Unikama ini baru pertama kali berpasangan. Sehingga, dalam hal ini membutuhkan kerjasama tim yang extra.

1

"Kita masih baru pertama kali dipasangkan menjadi partner debat, dan ini event debat pertama yang kita ikuti. Jadi kita dituntut untuk mampu belajar banyak mulai dari rules lomba debat," terang Aini.

Kemudian tantangan lain adalah, harus mempelajari sistematika yang digunakan, materi-materi yang harus disiapkan siapkan dan kuasai terkait tema debat, serta kiat-kiat yang perlu dipahami lainnya seperti pembangunan argumen, penyajian data yang valid, hingga mapping. 

"Selain itu, kami juga harus mampu bersaing dengan para mahasiswa lainnya dari universitas" ternama yang mungkin punya pengalaman dalam lomba debat yang lebih baik," ungkapnya mahasiswa asal Lumajang ini.

Meskipun meraih juara 2, dirinya dan tim tetap merasa bangga dan puas atas capaian yang diraih. Selian itu,
melalui lomba ini, ia dan tim mengambil banyak ilmu dan pengalaman sehingga daya berpikir kritis bisa makin terasah. 
Pihaknya juga berharap, kedepan dapat lebih mengembangkan kualitas dan kompetensi lagi agar mampu meningkatkan prestasi dan bersaing kembali di event-event perlombaan lainnya.

"Kami sangat bangga karena bisa membawa nama baik universitas ke dalam lomba tingkat nasional, melalui lomba ini, kami bisa membuktikan bahwa mahasiswa dari kampus kami mampu bersaing melawan mahasiswa dari beberapa universitas yang ternama juga," pungkas Aini.

Topik
UnikamaMahasiswi UnikamaKampus Unikama

Berita Lainnya

Berita

Terbaru