Launching Bank Benih, Tagana Kota Batu Bagikan Mangga Gratis dan Ambil Bijinya

Nov 26, 2021 14:43
Pengunjung saat menyerbu stand Tagana Kota Batu di Food Center, Batu Love Garden, Jumat (26/11/2021). (Foto: istimewa)
Pengunjung saat menyerbu stand Tagana Kota Batu di Food Center, Batu Love Garden, Jumat (26/11/2021). (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Pasca-banjir bandang Kota Batu 4 November 2021 silam, berbagai pihak berbondong-bondong untuk melakukan reboisasi di beberapa titik hutan di Kota Batu. Tak terkecuali Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Batu yang punya cara berbeda. Yakni membagikan buah mangga dan alpukat secara cuma-cuma di Food Center, Batu Love Garden, Jumat (26/11/2021).

Mangga dan alpukat yang sudah matang itu tak sekadar dibagikan secara cuma-cuma. Tetapi dua kuintal buah yang sudah matang tersebut  dikupas dan disimpan bijinya. “Kami Tagana Kota Batu menyediakan mangga untuk dinikmati dagingnya saja karena kami butuh bijinya,” kata Koordinator Tagana Kota Batu Purwoali.

Ratusan pengunjung usai melakukan vaksinasi covid-19 di sana langsung bisa menikmati mangga dan alpukat yang sudah siap untuk disantap. Sembari menikmati suguhan itu, mereka bersantai namun tetap menaati prokol kesehatan. Yakni menerapkan memakai masker (usai makan), mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga kesehatan.

Purwoali yang akrab disapa Simon menambahkan, mengingat banjir bandang yang terjadi di Kota Batu beberapa saat lalu, gerakan ini akan menjadi langkah baru untuk mengembalikan fungsi hutan sebagai penopang tadah hujan. “Sehingga akan mengurasi dampak banjir di kemudian hari,” tambah Simon. 

Tagana Kota Batu mengajak warga yang usai memakan segala jenis buah-buahan bisa dikumpulkan untuk diberikan kepada mereka.

Bahkan Tagana Kota Batu siap untuk mengambil biji buah tersebut ke lokasi warga nantinya. “Besar harapan kami untuk mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Batu apabila memakan apa pun jenis buah, silakan telepon. Nanti kami yang akan mengambil biji buahnya,” imbau Simon.

Sementara Bank Benih Tagana Kota Batu berada di Sekretariat Tagana Kota Batu Jalan Punten, Kecamatan Bumiaji. Sedangkan kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Pohon sekaligus launching Bank Benih Tagana Kota Batu dengan tema Hijaukan Bumi Pertiwi.

Topik
Tagana Kota BatuNataru di Kota MalangReboisasiBerita Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru