40 Warga Mengungsi usai Hujan Angin Terjang Satu Desa di Jombang

Nov 26, 2021 13:07
Salah satu rumah warga yang mengalami kerusakan parah di bagian atap. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Salah satu rumah warga yang mengalami kerusakan parah di bagian atap. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

JATIMTIMES - Puluhan rumah di Desa Purisemanding, Kecamatan Plandaan, Jombang rusak tersapu angin kencang. Akibatnya, banyak warga yang terpaksa mengungsi ke kerabat dan para tetangga.

Hujan deras disertai angin kencang melanda Dusun Puri A, Desa Purisemanding, pada Kamis (25/11) pukul 16.00 WIB. Kades Purisemanding Nurbata mengungkapkan, data hingga pagi ini ada 32 rumah yang mengalami kerusakan akibat hujan angin.

"Pagi ini kita data lagi. Kalau tidak salah, ada 8 rumah yang belum kami laporkan. Kemarin 24 rumah ditambah 8 lagi, jadi 32 rumah yang terdampak," ujarnya kepada wartawan, Jumat (26/11).

Dari puluhan rumah yang terdampak,  12 rumah tidak bisa ditempati karena mengalami kerusakan parah pada atap rumah. Akibatnya, penghuni 12 rumah tersebut terpaksa mengungsi ke kerabat dan para tetangganya.

 "Untuk 12 rumah itu, semalam sementara tidur di rumah tetangga. Ada sekitar 40 orang yang mengungsi," kata Nurbata.

 Rumah dengan kerusakan parah salah satunya dialami  Kasim (74). Rumah milik warga Puri A, Desa Purisemanding, ini bagian atapnya hilang semua tersapu angin kencang saat hujan deras melanda Kamis  sore kemarin.

Kendati begitu, Kasim dan istrinya memilih bertahan di rumah dengan memanfaatkan terpal plastik sebagai tempat berteduh. "Atap rusak total. Tidur ya di situ (di dalam rumah, red). Pakai terpal biar tidak hujan," ujarnya saat ditemui wartawan di rumahnya.

Kasim berharap, ada bantuan dari pemerintah untuk membenahi rumahnya yang rusak. "Saya pasrah kepada kepala desa. Katanya nanti ada bantuan," tandasnya.

Topik
Hujan angin kencang di JombangRombak skuadberita jombang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru