Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Tersisa 1 Bulan, Retribusi Parkir Kota Batu Baru Tercapai Rp 400 Juta

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

25 - Nov - 2021, 17:34

Kendaraan roda yang terparkir di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Kendaraan roda yang terparkir di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batu dari sektor retribusi parkir nampaknya belum mampu dipenuhi kembali. Pasalnya, hingga jelang tutup buku, capaian PAD parkir di Kota Apel itu masih menyentuh angka Rp 400 Juta.

Padahal target yang ditentukan dari semula Rp 8,5 Miliar telah direvisi menjadi Rp 900 Juta. Angka penyesuaian yang dilakukan saat pandemi covid-19 itu pun terbilang sangat jauh dari target yang ditetapkan sebelumnya. Namun, realisasi capaian masih belum mampu menyentuh target, bahkan kurang Rp 500 Juta.

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso mengatakan, jika faktor penyebab tidak tercapainya retribusi parkir ada pada karcis.

“Salah satunya ditengarai, tidak menggunakan alat bukti karcis. Karcisnya tidak dipakai. Contohnya di saat akhir pekan cukup ramai di Jalan Panglima, Kecamatan Batu.

Sayangnya setoran yang diberikan rendah. Lantaran di sana didapati tiket karcis yang tidak diberikan. “Padahal kalau karcisnya diberikan, sebenarnya juga banyak,” terang Punjul.

Punjul juga mewanti-wanti petugas dari Dishub untuk tidak main-main. Sebab pada Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Parkir di Tepi Jalan Umum, sudah tertulis jelas sanksi bagi petugas yang nakal.

“Di Perda sudah tertulis bagi petugas yang main-main ada sanksinya. Risiko Perda itu dibuat, harus dipakai. Kalau dipakai, harus dipaksakan. Kalau tidak, akan berurusan dengan hukum,” ujar Punjul yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batu ini.

Sementara itu, dari data Dinas Perhubungan Kota Batu, tercatat ada 281 titik parkir, setelah baru-baru ini ada 51 titik parkir baru. Selanjutnya ada 384 juru parkir dan 13 koordinator di seluruh Kota Batu.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy