Perjuangan Meraih Harapan Hidup Lebih Baik

Nov 24, 2021 22:38

Judul Buku : Segala-Galanya Ambyar

Penulis: Mark Manson

Penerbit : Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta

Tahun Terbit: Februari 2020

Jumlah Halaman : xii halaman + 346 halaman

Buku berjudul Segala-Galanya Ambyar karya Mark Manson menjabarkan asumsi manusia tentang sesuatu yang membuat hidup lebih layak dijalani. Buku  ini membahas harapan manusia terhadap kehidupan secara utuh dan tanpa sisa hingga menjadi ambyar. Mark menulis buku ini bertujuan untuk memberi motivasi kepada pembaca melalui makna dari sebuah harapan. Penting bagi manusia memiliki nilai-nilai dalam hidup. Buku ini menjelaskan tentang sebuah harapan serta segalanya yang menjadi ambyar sebab dipatahkan oleh harapan tersebut.  

Mark percaya buku ini akan membantu pembaca dalam menjalani kehidupan sehingga menjadi pribadi dengan versi yang lebih baik. Jiwa ini membutuhkan harapan supaya bisa hidup. Hidup kita tidak akan ada maknanya ketika tidak mempunyai harapan. Namun, penulis meyakinkan pembaca untuk lebih percaya akan harapan kita. Mulai dari membangun harapan hingga mempertahankannya.  

Dalam proses kehidupan pasti melewati banyak rintangan. Jika kita selalu menghargai suatu proses, maka yakinlah kehidupan akan memiliki kemajuan. Hal ini tentunya disertai dengan adanya harapan yang besar dimasa depan. Semua yang kacau tidak membutuhkan harapan. Tetapi harapan membutuhkan sesuatu yang kacau.  

Di dalam buku ini terdapat pesan jangan mengharapkan kebaikan serta kebahagiaan dari orang lain. Cukup jadilah baik dan juga bahagia. Karena terkadang jika terlalu mengharapkan sesuatu, kita cenderung akan melakukan segala cara untuk mencapai harapan tersebut. Maka cara terbaik yaitu mempunyai mindset dan niat dalam melakukannya.  

Buku ini memiliki beberapa hal sangat penting yang perlu di persiapkan untuk merawat dan menumbuhkan sebuah harapan. Pertama, bagaimana cara kita mengontrol diri dalam mengendalikan hidup. Kurangnya mengendalikan diri tanda sebagai karakter yang kurang baik. Orang yang mengalami depresi dan memiliki keinginan untuk bunuh diri bisa disebabkan oleh dorongan emosional yang meningkat.  

Hal kedua menjelaskan bahwa harapan akan muncul ketika memiliki keyakinan akan suatu nilai. Harapan akan selalu muncul ketika kita yakin dan percaya bahwa ada hal positif yang bisa kita dapatkan dari kondisi kesulitan. Ketika yakin terhadap suatu hal harapan itu selalu muncul pada kehidupan.  

Mark juga menyajikan paradoks kemajuan, yaitu pesatnya kemajuan dibeberapa bidang, seperti teknologi, kesehatan, dan lainnya. Kita hidup dalam kondisi yang sangat mudah dan nyaman. Tetapi, didalam kondisi ini banyak di temukan orang yang tidak memiliki harapan dalam kehidupannya. Banyak yang merasa tidak bermakna dalam hidupnya dikarenakan tidak ada sesuatu yang ingin dicapai di masa depan.  

Penulis menceritakan bagaimana proses menjadi dewasa. Dimulai dari masa kanak-kanak, remaja, hingga dewasa. Disini Mark menjabarkan prinsip-prinsip dari masa tersebut. Perbedaan masa kanak-kanak hingga dewasa itu bukan dilihat dari usia, melainkan dari intensien untuk melakukan sesuatu. Jadilah orang dewasa yang melakukan segala sesuatu karena benar dan baik sesuai dalam proses kehidupan.  

Buku ini memberikan kita pelajaran bahwa dalam kehidupan, masalah pasti selalu ada dan harus diterima. Daripada menghindari masalah lebih baik menghadapinya. Justru dengan kita menghadapi masalah tersebut, dapat dijadikan pengalaman. Pengalaman tersebutlah yang akan menambah kekuatan terhadap diri dalam melewati berbagai masalah.  

Beberapa isi buku ini menjelaskan Artificial Intelligence (AI). Dimana merupakan program yang dapat membuat rasa sakit dan senang menjadi proporsi yang seimbang. Kecerdasan Artifisial menemukan bahasa yang tidak bisa dipecahkan oleh manusia. Kecerdasan tersebut bisa saja menyalip kecerdasan manusia sehingga tidak akan mampu untuk memahami yang dilakukannya.  

Buku ini mengajarkan kita agar lebih bisa menerima segala masalah, penderitaan, serta keterpurukan dalam hidup. Ketika kita merasa rapuh sebaiknya kita menerima kondisi yang tidak nyaman tadi. Karena penerimaan inilah yang menyebabkan diri lebih kuat dan memiliki harapan jauh kedepannya. Jangan mudah menyerah akan keterperukan, optimis harapan yang kita buat akan membantu dalam meraih kesuksesan.  

Karya Mark ini sangat cocok bagi orang yang takut akan suatu kegagalan dalam menempuh kehidupan. Harapan akan memberi orang keberanian untuk melewati masa-masa sulit.  Serta hal itu juga yang membuat seseorang tertekan atau cemas. Itulah mengapa kita harus melihat harapan dengan lebih bijak dan menjalani hidup apa adanya.

Mark mengajak pembaca untuk berbicara tentang kebebasan, keimanan, dan pengharapan dalam hidup. Kelebihan yang didapat setelah membaca karya Mark yakni, buku ini ditulis dengan bahasa yang relevan dengan paparan ilmu dari para peneliti. Bahasa yang digunakan cukup formal juga memudahkan pembaca untuk memahami isi dan pesan yang terkandung didalamnya.  

Buku ini memiliki desain sangat menarik dan simple. Tulisannya mudah untuk dilihat dan mudah dikenali. Dibalik kelebihan itu, ada hal yang membuat buku ini kurang sempurna. Untuk sampul dari buku Mark cepet luntur, mudah tergores dan bahan material yang gunakan membuat buku cepat rusak.  

Hal menarik dari buku ini yakni, kita harus berhenti mencari-cari harapan. Tidak perlu lagi mengejar-ngejar harapan yang ingin kita capai. Mark menjelaskan, ketimbang kita mencari harapan, berusahalah untuk tidak terpuruk dan harus mempunyai penerimaan. Karena ketika memiliki penerimaan, maka kita akan makin kuat dan secara tidak langsung harapan dalam diri kita akan muncul.  

 

 

Mahasiswa: Universitas Muhammadiyah Malang
Nama : Dandy Arif Yustawan
Fakultas : Ilmu Kesehatan
Prodi : Farmsi
Dosen Pembimbing : Dr. Daroe Iswatiningsih, M.Si.

 

Topik
subaediruang mahasiswaBedah Buku

Berita Lainnya

Berita

Terbaru