Sekumpulan Semangat Untuk Menjalani Hidup

Nov 24, 2021 19:11

Judul Buku : Semoga Kamu Baik-BaikSaja

 Pengarang : Marcella Viona Legoh

 Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

 Tahun Terbit : 2021

 Kota Terbit : Jakarta

 Jumlah Halaman : 124 halaman

 Harga Buku : Rp.85.000,-

 Presensi : Sally Callista Leovanny/208/ Farmasi E

Dalam sebuah hidup terkadang berada diatas dan bisa jatuh kapan saja sehingga membuat kita merasa bahwa kita tidak layak untuk hidup di dunia. Buku yang berjudul “Semoga Kamu Baik-Baik Saja” karangan milik Marcella Viona Legoh ini merupakan salah satu buku berisikan pengembangan diri atau biasa disebut motivasi diri dimana bisa mengajarkan kita bagaimana caranya untuk bertahan hidup. Buku yang dirilis tahun 2021 ini diterbitkan oleh Penerbit Bhuana Ilmu Populer di Jakarta, disunting oleh Saptono Raharjo dengan penyelaras akhir oleh Mursyidah dan di-redesain oleh Trisna Dwi Kurnia Putri. Buku ini terdapat 124 halaman dan dijual dengan harga Rp.85.000.-.  

Buku ini berisikan tentang pengembangan diri atau memberi motivasi kepada orang yang membacanya berdasarkan kisah hidup penulis bernama Marcella Viona Legoh yang berjiwa bebas, random, dan banyak lagi lika-liku kehidupannya. Di dalam buku ini terdapat 6 bab dengan setiap bab-nya sangat bermakna seperti bab 1 yaitu berjudul #hanihanting-hari ini adalah hari yang penting berisikan tentang bagaimana kita mengingat akan hari penting menurut diri kita sendiri serta cara kita untuk bersyukur dan menikmati hari ini, melakukan segala hal dengan spontanitas bukanlah hal yang jelek. Salah satu kutipan dari bab 1 yang bisa menyadarkan kita akan hal itu adalah “Terlalu sibuk mencari arti hidup bisa membuat kita lupa untuk menikmati apa yang sudah disediakan buat kita setiap hari” (halaman 18).  

Pada bab 2 berjudul #yapepi-yang penting hepi berisikan tentang apa arti hidup yang sebenarnya, menilai kehidupan diri sendiri dan memaknainya. Mengajarkan tentang ketidakharusan kita untuk memiliki segala hal yang dimiliki oleh orang lain karena segala hal itu belum tentu membuat kita bahagia, seperti salah satu kutipan dari film Shallow Hal yang dikutip oleh Marcella (halaman 33):

Jack Black    : “Let me ask you something. Who is the all-time love of your life?”

Jason Alexander : “Wonder Woman.”

Jack Black     : “Okay, let’s say Wonder Woman falls in love with you, and  

       everyone else in the world didn’t find her attractive.”

Jason Alexander : “It wouldn’t matter, because I know they’d be wrong”

Jack Black     : “See, that’s what I had with Rosemary. I saw a knockdout. I don’t

       care what anybody else saw.”  

Kutipan lain yang dibuat oleh Marcella pada bab 2 ini adalah “Enggak harus dapet yang paling cakep, enggak harus punya yang paling mewah, enggak harus jadi yang paling tinggi, yang penting hepi.” (halaman 32)

Pada bab 3 yang bejudul #sarapan-masih ada harapan ini berisikan tentang cara kita menyikapi dan menghadapi suatu kegagalan bahwa jangan pernah mempunyai pikiran untuk menyerah jika kita tidak berhasil melakukan suatu hal. Mengatasi suatu kegagalan dengan usaha yang lebih dan harus semangat menjalani seluruh prosesnya. Salah satu kutipan dari bab 3 ini adalah “Sedih itu normal. Takut itu wajar. Tapi... lama berlarut-larut dalam keadaan dan enggak pernah melakukan apa-apa buat memperbaikinya, itu jangan.” (halaman 56)

Selanjutnya pada bab 4 berjudul #syurga-syukur dan penghargaan, bab 5 #basanjay-bawa santai aja, say! dan terakhir yaitu bab 6 #paskuat-melepaskan supaya bisa kuat ini berisikan tentang bagaimana cara kita untuk mensyukuri dan menghargai akan hal kecil yang sudah kita capai. Memberi reward atau penghargaan atas pencapaian yang sudah kita lakukan sekecil apapun itu dan juga jangan lupa untuk berterimakasih kepada keluarga kecil kita serta semua orang yang telah berperan penting di hidup kita. Menghadapi segala hal dengan santai tetapi tetap bersungguh-sungguh. Bisa membuat rencana atau biasa kita sebut planning untuk masa depan dengan cara santai atau tidak terburu-buru. Bab terakhir adalah bisa melepaskan suatu hal yang tidak bisa dilakukan karena tidak semua hal bisa kita kendalikan. Mengendalikan rasa takut yang membuat kita jadi lemah. Selalu berpikir bahwa setiap hal yang terjadi di kehidupan kita pasti ada hikmahnya. “Dalam setiap rintangan, nantikan momen kecil namun istimewa disaat kamu bisa bernapas dan menyadari, bahwa apa pun yang terjadi, apa pun yang mencoba menghalangi, kamu bisa melaluinya.” (halaman 115)

Kelebihan dari buku ini adalah cover buku yang menarik perhatian karena berwarna pastel, berisi gambar atau karakter yang menggambarkan setiap isi dari halamannya membuat pembaca semangat untuk membaca buku ini dari lembar 1 ke lembar selanjutnya, serta motivasi yang sangat relate akan keadaan hidup. Mudah untuk dipahami bagi pembaca yang jarang suka membaca buku. Kelemahan dari buku ini menurut saya hampir tidak ada, hanya saja tidak terdapat pembatas buku seperti buku lainnya.

Saya sangat merekomendasikan buku karya Marcella Viona Legoh ini kepada semua orang. Tidak hanya bagi orang yang merasa bahwa hidupnya tidak berguna, tetapi semuanya harus membaca buku ini karena saya yakin semua orang pernah merasakan yang namanya stres. Alasan saya mengharuskan semua orang membaca buku ini karena berisikan cerita dan motivasi hidup yang relate akan kehidupan kita saat ini.

Biodata Presensi

Nama : Sally Callista Leovanny

Tempat, Tanggal Lahir : Nganjuk, 12 Agustus 2001

Alamat : Warujayeng, Kabupaten Nganjuk

Studi : Universitas Muhammadiyah Malang

Prodi Farmasi

 

Topik
kripik kulitbaca buku

Berita Lainnya

Berita

Terbaru