Menjalani Proses Menuju Kesabaran

Nov 24, 2021 17:47

Judul buku                  : Sabar Paling Dalam
Penulis                        :  Fajar Sulaiman
Penerbit                       : Media Kita  
Tahun terbit                :  2021
Jumblah halaman        :  200 BW Bookpaper
Ukuran buku               : 13x19 cm
Genre                          :  Pengembangan Diri
Harga buku                 : Rp. 75.000,00
Pereview                     : Rossydah Hanum DSAS/221/Farmasi E

 

JATIMTIMES - Sebuah buku yang berjudul Sabar Paling Dalam  merupakan buku kedua yang ditulis oleh Fajar Sulaiman yang bertema tentang pengembangan diri. Dalam buku sebelumnya penulis menceritakan tentang keikhlasan dan di buku ini penulis membahas tentang kesabaran, yang dimana kesabaran sangat diperlukan dalam menghadapi kehidupan. Penulis menulis buku ini ditujukan kepada pembaca yang mungkin sedang dalam masa  yang sulit, buku ini bisa menjadi penguat dan memberikan motivasi dalam melewati masalah yang terjadi. Buku ini terdapat beberapa bab yang membahas tentang cara kita menghadapi masalah dengan kesabaran dan kata-kata motivasi yang bisa menjadikan semangat.  Menurut Fajar Sulaiman buku ini bisa dibaca oleh semua kalangan karena pada masa sekarang yang memiliki masalah tidak hanya para dewasa saja bahkan tak jarang remaja sekaran memiliki masalahnya masing-masing. 

Dalam kehidupan pasti kita menemui banyak persoalan yang terkadang datang tiba-tiba dan membuat kita merasa lelah menghadapi semua persoalan yang datang seiring waktu. Hal apa yang bisa kita lakukan ketika menghadapi masalah? Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk mengatasi masalahnya, ada yang berpasrah kepada-Nya, berusaha mencari jalan keluar, dan tak jarang kita hanya bisa berharap bahwa semua akan baik-baik saja. Dalam buku ini banyak memuat tentang bagaimana cara kita dalam menghadapi sebuah masalah dengan kesabaran. Sabarlah dalam menjalani masalahmu sebesar apapun rintangan dan seberat apapun masalah jangan pernah menyerah karena mungkin ini adalah cara Tuhan melihat seberapa keras perjuanganmu dan seberapa besar sabarmu dalam menghadapinya. 

Ketika kita mendapatkan masalah dalam hidup percayakan semua kepada Tuhan karena Dia tau kita pasti bisa melewatinya, dengan mempercayai semua kepada Tuhan membuat kita tenang  jikapun ada rintangan akan dilalui dengan perasaan lapang, ikhlas, serta rasa syukur yang terus mengalir deras. Tapi apapun yang terjadi saat ini entah itu menyenangkan ataupun menyedihkan, kita harus tetap mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan kepada kita.  Kadang kita merasa ini adalah titik terendah dalam kehidupan kita, rasanya melangkah pada keputusan lebih dekat dibanding harus melanjutkan perjuangan. Dalam melanjutkan perjuangan tak jarang kita menemui kegagalan, akan tetapi di kegagalan tersebut pasti menyimpan hal-hal baik setelahnya. Terkadang kegagalan -kegagalan tersebutlah yang dapat membentuk kita menjadi sosok yang kuat tangguh yang tidak mudah rapuh dan jatuh. 

Tidak semua mimpi harus terwujud sekarang dan tidak semua harapan harus sesuai keinginan. Mungkin kita merasa jalan menuju kesuksesan kita lebih lambat dari orang lain bukan berarti kita kalah ataupun gagal dalam meraih mimpi, setiap orang mempunyai jalanya masing-masing. Diibaratkan bunga dalam satu taman tidak semua mekar bersamaan karena bunga-bunga itu mempunyai proses yang berbeda-beda untuk bermekaran, semua pasti ada waktunya kita tidak bisa menyamaratakan sebuah proses yang terjadi biarlah semua terjadi pada waktunya. 

Membanding-bandingkan prosesmu dengan orang lain hanya akan membuat dirimu semakin terpuruk. Lantas apa yang harus kita lakukan? Stop membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, jika kamu merasa bahwa hidupmu stuck seperti ini saja mungin kamu bisa melakukan sesuatu yang dapat memberikan perubahan. Pernakah kamu merasa tidak mampu dalam menyelesaikan masalah dan malah menyalahkan dirimu sendiri? Jika iya berjanjilah jangan pernah menyalahkan dirimu lagi, ketika kamu menyalahkan dirimu atas semua masalah yang tidak berjalan dengan baik itu akan membuatmu semakin benci dirimu sendiri. Mulai sekarang jadilah sahabat untuk diri sendiri yang menguatkanmu saat terjatuh, menguatkanmu saat terpuruk dan maafkanlah ketika kamu melakukan kesalahan. Karena tidak ada yang mampu mengubah dirimu menjadi lebih baik selain dirimu sendiri, bahkan Tuhan pun hanya akan mengubah keadaan seseorang ketika dia berusaha mengubah dirinya sendiri.

Suatu saat nanti setelah dapat melewati malasah dengan baik, kamu akan menyadari ternyata kamu mampu dan kamu bisa. Ujian yang telah dilalui menjadikan kita semakin kuat dan setiap ujian atau masalah semua pasti ada jalan keluarnya, tergantung bagaimana cara kita menyikapinya. Dengan kerja keras, kesabaram dan ketabahan semua masalah yeng terjadi akan terasa lebih mudah untuk dijalani. Kunci dari semua ini adalah kesabaran, ketika kita sabar dalam menghadapi masalah membuat kita tenang dan dapat memikirkan dengan baik jalan keluar dari masalah yang dihadapi. 

Buku ini berisi banyak kata-kata motivasi yang dapat memberikan semangat kepada pembacanya. Bahasa yang digunakan dalam buku ini sangat mudah dipahami dan gaya tulisan yang digunakan sangat kekinian sehingga tidak membuat pembaca bosan membacanya. Sayangnya, gambar ilustrasi yang terdapat dalam buku ini masih berwarna hitam putih dan menghabiskan bayak tempat. Masih terdapat beberapa tanda baca yang salah sehingga membuat pembaca kebingungan dengan bacaan yang dimaksud. Cover yang digunakan buku ini terlalu simpel dengan menggunakan tulisan dan latar belakang hitam sehingga membuat buku tampak monoton dan tidak menarik.

Menurut saya dari keseluruhan buku ini sangatlah bagus karena dapat memberikan kita semangat dan motivasi dalam meghadapi setiap masalah. Saya sangat merekomendasikan buku ini untuk semua kalangan dari remaja sampai lansia karena kita dapat mengerti tentang cara kita mendapat kesabaran. Sebab, dengan adanya kesabaran mengajarkan kita agar tetap optimis dalam menjalani hidup.

 

BIODATA PERESENSI

Nama                                       : Rossydah Hanum Dyah Sukma Ayu Saputri
Tempat, Tanggal Lahir           : Mojokerto, 15 Mei 2004
Alamat                                    : Dlanggu, Kab. Mojokerto
Studi                                        : Mahasiswa Univeritas Muhammadiyah Malang,
Program Studi Farmasi

Topik
ruang mahasiswa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru