Wujudkan Aksi Indonesia Hijau, 10 Ribu Bibit Pohon Ditanam di Bukit Jengkoang Kota Batu

Nov 23, 2021 21:09
Pangdivif 2 Kostrad Mayor Jenderal TNI Andi Muhammad saat menyerahkan bibit di tengah hujan deras di bukit jengkoang. (Foto: istimewa)
Pangdivif 2 Kostrad Mayor Jenderal TNI Andi Muhammad saat menyerahkan bibit di tengah hujan deras di bukit jengkoang. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - 10 ribu bibit pohon ditanam di kawasan bukit Jengkoang, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Selasa (23/11/2021). Penanaman pohon ini sebagai wujud sinergitas dalam mendukung program Aksi Indonesia Hijau.

Secara simbolis penanaman dilakukan oleh Pangdivif 2 Kostrad Mayor Jenderal TNI Andi Muhammad, bersama Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Penanaman dilakukan tengah guyuran hujan deras.

Sebanyak 10 ribu bibit itu terdiri dari 3.300 pohon trembesi, 2 ribu pohon mahoni, 500 pohon Jengkol, 500 pohon petal, 500 pohon durian, 500 pohon nangka, 500 pohon sukun, 200 pohon rambutan, 500 pohon jambu, dan 500 pohon kelengkeng.

Penanaman pohon sebagai upaya melestarikan lingkungan menjadi salah satu pokok perhatian bagi Divif 2 Kostrad. Sebab, lingkungan yang tidak terjaga dan dirawat dengan baik akan menjadi petaka bagi warga.

“Aksi Indonesia Hijau ini bertujuan untuk mencegah bahaya banjir dan tanah longsor. Selain itu, melalui penanaman pohon kembali, akan memperkuat daya ikat tanah dan memudahkan penyerapan air di saat musim hujan serta menjaga kondisi alam agar tetap lestari,” kata Pangdivif 2 Kostrad, Mayor Jenderal TNI Andi Muhammad.

Kegiatan ini pun mendapatkan dukungan warga, karena dengan adanya banyak bibit tanaman yang ditanam dapat mengajarkan kepada warga tentang pentingnya menjaga lingkungan. Sekaligus supaya tidak sembarangan menebang pohon, karena akan berdampak buruk bagi wilayah sekitar.

Khususnya pada kejadian banjir bandang yang sempat meluluhlantahkan kawasan Kecamatan Bumiaji 4 November 2021 silam. Sedang kegiatan ini sudah berlangsung selama 4 hari, mulai l 20-22 november 2021 di Pusung Lading, Gunung Pacung. Dan hari ini bertempat di Bukit Jengkoang Kota Batu.

Topik
andi muhammadkiai marzukiPunjul SantosoKota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru