Jalan Berlubang Ditanami Belasan Pisang, Ini Respons Pemkab Malang

Nov 23, 2021 19:55
Kondisi jalan yang ditanami pohon pisang oleh warga karena berlubang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Kondisi jalan yang ditanami pohon pisang oleh warga karena berlubang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Jalan berlubang yang ditanami belasan pohon pisang di Dusun Plosokerep, Desa Dengkol, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang segera mulus kembali. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang segera memperbaiki jalan tersebut sebelum akhir tahun.  

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat menyatakan perbaikan jalan itu akan dilakukan pada akhir November 2021 ini. “Tapi (datanya) sudah masuk kok. Sekarang masih proses administrasi. Akhir November ini mungkin bisa dilakukan (perbaikan),” terang Wahyu.

Wahyu pun menjelaskan beberapa alasan terkait belum diperbaiki jalan di Desa Dengkol tersebut selama setahun terakhir ini. Selain covid-19, ada perubahan menuju APBD 2022, sehingga membutuhkan kesabaran untuk menuntaskan permasalahan jalan berlubang.

“Hanya karena ini sedikit perubahan menuju APBD 2022 ini beberapa kali ada perubahan penjabaran. Alhasil belum bisa melakukan (pengerjaan) fisiknya. Harus menunggu legalnya penjabaran,” kata Wahyu.

Disinggung berapa besaran dana yang akan digunakan untuk memperbaiki jalan berlubang di Desa Dengkol, Wahyu pun tidak tahu persisnya. Hanya saja, pihaknya telah memahami bahwa ada pengajuan untuk perbaikan jalan tersebut. “Untuk besaran dananya itu yang saya kurang (tahu). Karena sudah rinci ya itu,” tutup Wahyu.

Diberitakan sebelumnya, jalan alternatif antar kecamatan di Dusun Plosokerep, Desa Dengkol, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang mengalami kerusakan parah. Bahkan warga sekitar sampai menanami pohon pisang di jalan yang berlubang itu.

Peristiwa menanami akses jalan yang rusak itu mulanya beredar di WhatsApp Grup (WAG). Media ini pun tertarik untuk datang ke lokasi guna memastikan.

Mulanya, untuk mencari jalan yang ditanami pohon pisang itu memang cukup sulit, karena sebagian warga di Desa Watu Gede, Kecamatan Singosari tidak mengetahui keberadaan jalan yang rusak itu.

Sekitar 7 orang yang ditanyai oleh wartawan media ini, satu di antaranya berhasil menunjukkan lokasi yang dimaksud. Lokasi tersebut ternyata ada di Dusun Plosokerep, Desa Dengkol, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Tiba di lokasi wartawan JatimTIMES disuguhi pemandangan jalan yang jeblok karena banyaknya kendaraan berat melintas. Bahkan, untuk mengendarai sepeda motor, harus berjalan dengan pelan, karena kondisi jalan yang licin.

Saking resahnya, warga pun berinisiatif menanami pohon pisang di titik-titik jalan berlubang. Terpantau ada sekitar 14 pohon yang ditanami di jalan berlubang itu.

Topik
Kabupaten MalangWahyu Hidayatjalan berlubang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru