Tekat Kurangi Fatalitas Risiko Laka Lantas, Satlantas Polres Malang Latih Pekerja Industri Safety Riding

Nov 23, 2021 14:08
Pelatihan PPGD yang digelar di area Stadion Kanjuruhan.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Pelatihan PPGD yang digelar di area Stadion Kanjuruhan.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Satlantas Polres Malang menggelar pelatihan safety riding, Selasa (23/11/2021). Kali ini, masyarakat yang disasar menjadi peserta adalah pegawai atau karyawan yang berada di lingkungan industri di Kabupaten Malang. Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk mengurangi fatalitas korban kecelakaan lalu lintas (laka lantas). Terutama di sekitar lingkungan industri. 

Menerapkan perilaku yang aman dalam berkendara menjadi point penting yang digarisbawahi dalam pelatihan tersebut. Baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Menurut Kasatlantas Polres Malang, AKP Agung Fitransyah, kemampuan dan kemahiran dalam berkendara sesuai dengan standar dapat menyelamatkan diri sendiri dan pengendara lain. 

“Safety Riding menjadi faktor yang sangat penting untuk mewujudkan keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya,” ujar Agung. 

Agung mejelaskan, kegiatan sosialisasi tentang perilaku berkendara yang aman, nyaman dan kemampuan atau kemahiran dalam berkendara, merupakan bagian penting untuk keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcarlantas) yang diharapkan.

"Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, tumbuh kesadaran masyarakat pengguna jalan akan pentingnya berkendara secara aman, nyaman. Sehingga keselamatan dijalan raya menjadi perhatian bersama," jelas Agung.

Kegiatan sosialisasi Safety Riding yang dilaksanakan Satlantas Polres Malang, merupakan bentuk implementasi Operasi Zebra Semeru 2021 yang lebih mengutamakan tindakan humanis dan simpatik.

Selain itu, peserta yang hadir juga diberi pendidikan penanganan pertama kegawatdaruratatn (PPGD). Sehingga, nantinya masyarakat juga diharapkan bisa melakukan penolongan pertama sebelum ada pertolongan medis yang datang.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang ketat kepada setiap individu. Dalam sosialisasi kali ini, Satlantas Polres Malang menggandeng beberapa pihak industri yang berada di lingkungan Kabupaten Malang. Selain itu juga ada beberapa dari perusahaa otobus (PO). 

Topik
safety ridingSatlantas Polresta Malang Kotakesiapan nataru

Berita Lainnya

Berita

Terbaru