Aksi Emak-Emak Ini Berhasil Gagalkan Aksi Curanmor

Nov 22, 2021 07:54
Aksi emak-emak yang ikut membekuk pelaku pencurian sepeda motor di Tanggul (foto : Paidi / Jember TIMES)
Aksi emak-emak yang ikut membekuk pelaku pencurian sepeda motor di Tanggul (foto : Paidi / Jember TIMES)

JATIMTIMES– Aksi Nyonya Fauzi (44) warga Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, yang secara reflek melompat dan menarik sepeda motor Honda Beat miliknya yang hendak dibawa kabur pelaku pencurian patut diacungi jempol.

Nalurinya muncul saat dirinya melihat gelagat mencurigakan yang dilakukan oleh Edika Pratama (32) residivis asal Dusun Gondosari Desa Rowotengah, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember yang mendekati sepeda motornya yang terparkir di depan toko. Saat itu, korban bersama suaminya sedang menata barang dagangannya.

Saat melihat pelaku menaiki dan menghidupkan sepeda motornya, korban secara spontan melompat dan menarik sepeda motor. Usahanya ini tidak sia-sia. Tarikannya yang kuat dibarengi dengan teriakan maling berhasil membuat pelaku terjatuh dari sepeda motor. Teriakan korban pun mengundang reaksi warga sekitar untuk membantunya.

“Saat itu istri saya bersama saya sedang menata barang dagangan, melihat pelaku hendak membawa kabur sepeda motor, istri saya reflek menarik menarik kendaraan yang hendak dibawa kabur, pelaku terjatuh, dan saya langsung keluar membantu istri saya,” ujar Fauzi Minggu (21/11/2021) malam.

Pelaku yang terjatuh karena ditarik sepedanya berusaha untuk kabur, namun korban Fauzi berhasil memegangi kaki pelaku. Sedangkan istrinya berteriak maling, dan mengundang warga, sehingga tanpa kesulitan pelaku berhasil diamankan.

221121_the-power-of-emak-emak.psd1cbcb3c34098a97a.png

“Pelaku sempat berusaha kabur Mas, tapi berhasil saya pegang kakinya. Istri saya berteriak maling, sehingga mengundang warga sekitar dan ikut membantu, bahkan saya sempat berkelahi dengan pelaku Mas,” beber Fauzi.

Warga yang geram berusaha menghakimi pelaku. Beruntung pada saat kejadian ada anggota Polisi yang sedang patroli, dan mengamankan pelaku dari amukan warga dan membawanya ke Mapolsek Tanggul.

Dari pengakuan pelaku, saat itu dirinya bersama dengan H (DPO) hendak menuju arah kecamatan Semboro, saat melintas di lokasi kejadian, pelaku melihat sepeda motor yang terparkir lengkap dengan kontaknya yang masih nyantol.

Naluri mencurinya seketika kambuh muncul, sehingga ia turun dari boncengan dan berjalan kaki menuju arah sepeda motor milik korban, namun ia tidak sadar jika pemiliknya hanya berjarak 2 meter dari sepeda motor yang terparkir dan hanya dihalangi pintu dan etalase.

Sementara Kapolsek Tanggul AKP. Miftahul Huda melalui Kanitreskrim Aipda Surono saat dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan pelaku pencurian sepeda motor, bahkan dalam pemeriksaan sementara, pelaku merupakan residivis kasus pencurian.

“Dari pemeriksaan sementara, pelaku juga memiliki catatan kriminal alias residivis kasus pencurian, dan saat melakukan aksinya ia tidak sendiri, tapi bersama dengan temannya warga Jatiroto Lumajang, untuk temannya sendiri saat ini sedang dalam pengejaran (DPO),” pungkas Kanitreskrim.

Sedangkan barang bukti yang berhasil diamankan diantaranya sepeda motor honda Beat nopol P 2595 CU milik korban.

Topik
Berita JemberKabupaten JemberMiftahul Huda

Berita Lainnya

Berita

Terbaru