5 Makanan Pengusir Mood Jelek, Harganya Terjangkau Dompet

Nov 21, 2021 19:33
Ilustrasi makan yang bisa mengembalikan mood (womantalk)
Ilustrasi makan yang bisa mengembalikan mood (womantalk)

JATIMTIMES - Tahukah kamu, jika beberapa makanan bisa memperbaiki suasana hati dan menambah semangat kalian saat merasa sedih?  Ya beberapa makanan telah terbukti mampu meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan dan mengatasi gangguan mood.

Namun, tak semua makanan memberikan manfaat tersebut. Dalam memilih makanan, tetap harus berhati-hati. Sebab makanan manis dan berkalori tinggi memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Dilansir dari Healtline, terdapat lima makanan yang dapat meningkatkan mood seseorang menurut sains.

1. Cokelat Hitam

Coklat hitam diklaim dapat meningkatkan dan memperbaiki suasana hati. Kandungan dalam cokelat bisa melepaskan serangkaian senyawa yang membuat perasaan mereka yang mengkonsumsi merasa tenang dan lebih baik dengan kandungan kafein, theobromine dan N-acylethanolamine.

Meskipun begitu, beberapa ahli masih memperdebatkan hal ini. Perdebatan itu terkait apakah cokelat mengandung senyawa yang dijelaskan sebelumnya dalam jumlah cukup untuk memicu respons psikologis.

Terlepas dari itu, cokelat hitam juga punya kandungan yang flavonoid, dimana terbukti dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan kesehatan otak.

2. Makanan berfermentasi

Makanan yang difermentasi, saat ini banyak digemari orang. Namun tahukah, jika makanan berfermentasi memiliki banyak manfaat, terlepas rasanya yang enak.

Makanan berfermentasi seperti, kimchi, yogurt, kefir, dan kombucha diyakini dapat meningkatkan kesehatan dan suasana hati. Proses produksi probiotik, selama ini berguna untuk mendukung pertumbuhan bakteri  baik pada usus serta meningkatkan kadar serotonin.

Serotonin adalah neutransmitter yang memengaruhi banyak aspek perilaku manusia, seperti suasana hati, respons, nafsu makan, stres, dan dorongan seksual.

3. Ikan berlemak

Mengkonsumsi ikan berlemak dengan kandungan omega-3 dalam bentuk minyak ikan, dari tinjauan klinis menunjukkan pengaruh dalam menurunkan tingkat depresi. Ikan berlemak, seperti halnya Salmon dan tuna kaya akan dua jenis omega-3, yakni DHA dan EPA yang terkait dengan tingkat depresi yang lebih rendah.

Meskipun dalam standar dosisnya belum terkuak secara pasti oleh para ahli, namun sebagian ahli sepakat untuk setiap orang dewasa mengkonsumsi 250-500 mg kombinasi DHA dan EPA setiap hari.

4. Oat

Oat merupakan makanan dengan sumber serat yang baik. Sejauh penelitian menunjukkan, jika seseorang yang mengkonsumsi makanan ini 1,5-6 gram serat saat sarapan, memiliki suasana hati dan energi yang baik. Hal ini berhubungan dengan kandungan kadar gula yang lebih stabil, sehingga mampu mengendalikan mood.

5. Pisang

Ya, pisang merupakan buah yang seringkali dijumpai dan mudah didapatkan. Perlu diketahui, jika pisang ini merupakan buah yang kaya akan vitamin, seperti vitamin B6. Vitamin ini mampu membantu untuk mensintesis neurotransmitter yang membuat seseorang merasa lebih baik. Bukan hanya itu, kandungan serat dalam pisang membuat kadar gula dalam darah lebih stabil sehingga suasana hati menjadi lebih baik.

Topik
makanan sehatmanfaat makanan sehatpendangkalan sungai

Berita Lainnya

Berita

Terbaru