PPKM Level 3 saat Nataru, Pelaku Usaha Desak Agar Tak Ada Penyekatan

Nov 21, 2021 13:50
Wisatawan saat berwisata di Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wisatawan saat berwisata di Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 bakal diterapkan pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2021 mendapat beragam respons. Salah satunya dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu dan pelaku wisata.

Para pelaku usaha itu mengaku sama sekali tidak mempermasalahkan jika bakal diterapkan PPKM level, bahkan mereka setuju demi menekan penyebaran Covid-19 pada Natal dan Tahun Baru 2022 mendatang. Hanya saja, para pelaku usaha berharap agar tidak ada penyekatan.

Mengingat beberapa saat lalu selama PPKM level 3 dilakukan penyekatan, jumlah kunjungan pun langsung lesu.

“Kami mendukung pemerintah jika dilakukan kebijakan PPKM level 3, karena tujuannya pencegahan penyebaran Covid-19, karena saat ini pandemi ada,” ungkap Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi.

Akan tetapi jika kebijakan itu dilakukan, harapan besar tidak diterapkan penyekatan. Sebab dengan penutupan akses dapat merugikan kembali pelaku usaha, mengingat saat ini sektor perekonomian mulai kembali dibangun.

“Karena kalau ada penyekatan tentu wisatawan tidak akan berwisata ke Kota Batu. Tentu akan merugikan pelaku usaha, jadi harapan kami jangan ada penyekatan,” ucap Sujud yang juga Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta, Minggu (21/11/2021). 

Dengan begitu, pelaku usaha dapat lebih memaksimalkan peraturan dengan protokol kesehatan ketat saat memasuki area wisata. Bagi wisatawan harus memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, juga menerapkan aplikasi peduli lindungan. Sehingga, bagi yang belum melakukan vaksinasi Covid-19 tidak diperbolehkan masuk.

Hal senada juga diutarakan Manager Marketing & Public Relation Jawa Timur Group, Titik S Riyanto. Pihaknya juga meminta jika diberlakukan PPKM level 3 tidak ada penyekatan, karena akan berdampak khususnya pelaku usaha wisata di Kota Batu.

“Kami akan berupaya kerja keras supaya tidak ada lonjakan kasus Covid-19. Tapi kami berharap tidak ada penyekatan,” ujar Titik.

Karena itu, pihaknya berharap kepada pemerintah supaya fokus pada penertiban, pembinaan dan membantu pelaku usaha agar bisa memenuhi persyaratan operasional.

Topik
bondowoso masuk level 3Natal dan Tahun BaruKota Batupenyebaran Covid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru