DPRD Kota Malang Rencana Dorong Pemkot Malang Masifkan Penghijauan

Nov 20, 2021 20:29
Wakil Ketua DPRD Kota Malang, Asmualik (kiri) bersama anggota DPRD Kota Malang dari PSI Jose Rizal saat menanam pohon (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Wakil Ketua DPRD Kota Malang, Asmualik (kiri) bersama anggota DPRD Kota Malang dari PSI Jose Rizal saat menanam pohon (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Ikut dalam kegiatan penanaman pohon bertajuk 'Hijaukan Bumi Arema' di UPT RSBN Dinsos Jatim, Sabtu (20/11/2021), Wakil Ketua DPRD Kota Malang Asmualik memiliki rencana reboisasi sebagai program kerja Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

Dalam hal ini, Asmualik sangat mendukung kegiatan penanaman pohon. Karena saat ini Kota Malang juga sudah diingatkan dengan bencana yang datang. “Artinya kita sudah harus melihat lagi, bagaimana kondisi alam kita, bagaimana kita harus mulai menghijaukan lagi,” kata Asmualik.

Asmualik meyakini kegiatan penanaman pohon ini menjadi titik awal kesadaran masyarakat dapat tumbuh kepada lingkungan. Tapi hal itu ke depan juga akan menyelamatkan Kota Malang dari bencana yang kerap kali datang.

“Karena bencana yang ada di Batu saja kita terimbas, jadi warga Kota Malang juga berfikir bagaimana daerah Batu, daerah Kabupaten bisa menjadi hijau lagi,” ungkapnya.

Upacara persiapan penanaman pohon (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

Asmualik pun berharap agar setelah ada kegiatan penanaman pohon, masyarakat juga dapat ikut merawat. Sehingga tidak ada lagi kata banyak pohon yang ditebang. Bahkan pihaknya sebagai wakil rakyat yang duduk di kursi DPRD Kota Malang akan berupaya mendorong Pemkot Malang untuk lebih peduli terhadap penghijauan.

“Ya kalau perlu dewan melaksanakan penganggaran kepada Dinas Lingkungan Hidup bagaimana reboisasi, penanaman di Kota Malang ini menjadi bagian dari salah satu program kerja Pemerintah Kota Malang. Bagaimanapun pohon ini juga untuk masa anak-anak kita juga,” tegas politisi PKS itu. 

Sementara itu Ketua Panitia 'Hijaukan Bumi Arema', Wasto mengatakan bahwa kegiatan ini untuk mendorong masyarakat yang sudah terbiasa menanam agar lebih masif.

“Harapan kita kalau itu dilakukan secara masif, maka yang namanya Malang ijo royo-royo bukan sesuatu yang sulit,” terang Wasto.

Prosesi penanda dimulainya penanaman pohon (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

Menurut mantan Sekretaris Daerah Kota Malang ini, terkadang ada masyarakat yang kurang peduli dengan lingkungan. Namun ketika terdapat bencana selalu menyalahkan apa yang telah terjadi.

“Kadang-kadang itu kan tidak seluruhnya peduli, ada bagian kelompok-kelompok tertentu peduli, yang lain tidak. Nah hari ini itu lintas komunitas itu bersatu menumbuhkan kepedulian dan diharapkan efeknya nanti secara masif,” tutup Wasto.

Sebagai informasi, dalam kegiatan 'Hijaukan Bumi Arema' beberapa OPD juga terlibat di dalamnya, mereka antara lain DLH, DPUPRPKP dan BPBD. Sementara, ada kurang lebih 500 pohon yang tertanam di UPT RSBN Dinsos Jatim.

Topik
komunitas kota malangDPRD Kota Malangcsr alfamart

Berita Lainnya

Berita

Terbaru