Dapat Hibah Lahan dari Pemkot Malang, Kantor Imigrasi Pindah ke Kedungkandang

Nov 20, 2021 18:53
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Ramdhani (tengah) saat ditemui awak media beberapa waktu lalu. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Ramdhani (tengah) saat ditemui awak media beberapa waktu lalu. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Malang telah mendapat hibah lahan tanah seluas 6.000 meter persegi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Dari hibah tanah tersebut, Imigrasi Malang akan memperluas layanan.

Lahan seluas 6.000 meter persegi tersebut terletak di wilayah Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Tepatnya berada di kawasan Gedung Islamic Center Kota Malang.

Hibah lahan tersebut hasil dari sinergitas yang terjalin antara Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur dengan Pemkot Malang dan telah dilakukan penandatanganan kesepakatan pada 3 November 2021 lalu. Penekenan hibah disaksikan langsung oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM RI Edward Omar Sharif Hiariej dan Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jawa Timur Krismono.

"Kita sudah melakukan sinergitas dengan pemerintah kota, dalam hal ini Pak Wali Kota Malang, untuk mendapatkan proses hibah lahan seluas 6.000 meter. Untuk tahun depan rencana pembangunan kantor di Kedungkandang," ungkap Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Malang Ramdhani kepada JatimTIMES.com.

Saat ini, proses hibah lahan seluas 6.000 meter persegi tersebut sudah masuk dalam tahap penyelesaian pemberkasan administrasi di bagian Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Malang.

"Rencananya nanti mungkin insya Allah sebelum Desember ini, apabila hal ini sudah bisa diselesaikan, tahun depan rencananya kita menganggarkan pembangunan gedung kantor imigrasi baru yang terletak di sana (Kedungkandang)," jelas Ramdhani.

Jika pembangunan kantor baru Imigrasi Kelas I TPI Malang yang terletak di wilayah Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang tersebut dapat segera terealisasi, nantinya Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang yang saat ini terletak di Jalan Raden Panji Suroso, Kota Malang, akan digunakan sebagai unit layanan paspor (ULP). "Masyarakat masih tetap mendapatkan pelayanan paspor kita," ujar Ramdhani.

Lebih lanjut, selama kurang lebih dua tahun pandemi covid-19 berjalan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang telah melebarkan layanan dengan membuat ULP di Lippo Mal Plaza Kota Batu serta membuka dua cabang Unit Kerja Kantor (UKK) di Kabupaten Probolinggo dan Kota Probolinggo.

Sementara itu, seperti yang telah diberitakan sebelumnya Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, lahan 6.000 meter persegi yang terletak di kawasan Gedung Islamic Center  diharapkan dapat meningkatkan pelayanan terkait Keimigrasian kepada masyarakat. Mengingat, selama Januari hingga  Oktober 2021 terdapat 6.665 permintaan paspor di Imigrasi Malang. Dengan permintaan yang tinggi tersebut, Sutiaji berharap agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat lebih maksimal dan tidak menyusahkan masyarakat.

Topik
Kantor Imigrasi MalangPemkot MalangHibah LahanBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru