Disdikbud Kota Malang Dorong Pemanfaatan Kelas Digital Akun Belajar.id

Nov 19, 2021 19:20
Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana SE MM kala memberikan sambutan dalam Bimtek (Ist)
Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana SE MM kala memberikan sambutan dalam Bimtek (Ist)

JATIMTIMES - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang membuka kegiatan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Kelas Digital Akun Belajar.Id bagi pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) pada jenjang Sekolah Dasar (SD) di Aula Utama Disdikbud, Jumat (19/11/2021).

Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendorong optimalisasi pemanfaatan kelas digital, akun belajar.id, yang diikuti Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Pendidik dan Tenaga Kependidikan jenjang SD.

1

Untuk diketahui, jika Belajar.id merupakan akun pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengakses layanan pembelajaran berbasis elektronik.

Dengan akun pembelajaran, kamu bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh.

Kepala Disdikbud Kota Malang, Suwarjana SE MM, menyampaikan, kemajuan Teknologi, Informasi dan Komunikasi sangat dinamis. Bilamana dalam perkembangan ini tidak dapat beradaptasi dengan hal tersebut, maka sudah tentu akan tertinggal dan terlindas oleh kemajuan di era milenial.

3

"Karena itu, harus cerdas dalam memanfaatkan teknologi dan juga cerdas dalam menggunakan media sosial, dengan berlandaskan Penguatan Pendidikan Karakter (Religius, Nasionalis, Mandiri, Jujur dan Gotong Royong)," kata Suwarjana.

Setelah ini, pihaknya berharap seluruh pihak di jajaran Disdikbud Kota Malang untuk bersinergi. Diharapkan mereka  bisa berkerja sama demi kemajuan pendidikan di Kota Malang. Hal tersebut salah satunya adalah dengan menularkan ilmu yang mereka peroleh dalam bimtek kepada teman satu sekolah, satu gugus maupun satu kecamatan meskipun tanpa harus diperintah.

2

Dengan demikian, secara tidak langsung para peserta telah menularkan virus baik, racun positif. Bilamana apa yang telah ditularkan kemudian benar benar dilakukan oleh yang lain, maka dari waktu ke waktu kualitas pendidik, peserta didik dan satuan pendidikan akan jauh lebih baik lagi.

"Kegiatan ini akan dirasakan manfaatnya dan dinilai berhasil manakala usai kegiatan ini, PTK yang memanfaatkan kelas digital akun Belajar.Id di Kota Malang mengalami peningkatan,” pungkas Suwarjana.

Topik
udhiyonoSUWARJANAkepala disdikbud suwarjanaDisdikbud Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru