Jelang Nataru, Harga Minyak Goreng di Kota Malang Rp 20 Ribu per Liter

Nov 19, 2021 14:55
Ilustrasi Minyak Goreng. (Foto: Source google).
Ilustrasi Minyak Goreng. (Foto: Source google).

JATIMTIMES - Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2022 mendatang, harga kebutuhan pokok di Kota Malang mengalami lonjakan. Minyak goreng menjadi salah satu komoditi yang belakangan ini harganya meroket tajam.

Di pasaran, untuk minyak goreng curah yang biasanya per kilo seharga Rp 13 ribu, naik di angka Rp 18 ribu hingga Rp 20 ribu. Kemudian, untuk minyak goreng kualitas premium dari yang biasanya Rp 28 ribu hingga Rp 29 ribu per 2 liter, kini di kisaran Rp 35 ribu.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, M Sailendra mengatakan, kenaikan harga minyak goreng ini terjadi secara nasional. Sebab, kebutuhan bahan baku kelapa sawit yang diekspor secara internasional cukup tinggi.

"Kalau minyak goreng itu nasional. Karena kebutuhan internasional terhadap bahan baku kelapa sawit tinggi. Memang tetap memenuhi kebutuhan dalam negeri, tapi mereka ekspor. Ibaratnya kalau ekspor, harga itu ditentukan secara internasional," ujarnya.

Hal inilah, dikatakan Sailendra, yang kemudian mempengaruhi harga di Indonesia. Sehingga, Karena kebutuhan internasional tinggi, maka memicu HET (Harga Eceran Tertinggi).

"Kalau menurut saya sebaiknya tetapkan saja HET kebijakan nasional untuk minyak goreng berapa, sehingga kita ikuti," imbuhnya.

Meski harga minyak goreng tinggi, Sailendra menyebut belum akan melakukan operasi pasar. Hal itu pun juga sudah dikoordinasikan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur. Pertimbangannya, karena ketersediaan akan minyak goreng di Jawa Timur masih tercukupi.

"Kami sudah koordinasi dan konsul ke Disperindag provinsi untuk pelaksanaan operasi pasar. Tapi, sarannya, belum dulu. Karena dianggap, kesediaan minyak itu ada. Jadi bukan ditahan, tapi karena harga naik ini terpengaruh internasional," pungkasnya.

Topik
serda diyut subandriyaharga minyak gorengKota MalangBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru