Mulai Awal 2022, Booster Vaksin Covid-19 akan Berbayar, Berikut Kisaran Harganya

Nov 19, 2021 09:21
Ilustrasi (Foto: shicheng.news)
Ilustrasi (Foto: shicheng.news)

JATIMTIMES - Pemberian booster atau dosis ketiga vaksin Covid-19 untuk  direncanakan bakal dimulai Januari 2022. Bagi peserta BPJS Kesehatan, booster vaksin akan didapatkan secara gratis. 

Sementara, masyarakat lainnya bakal dikenakan biaya untuk menerima booster vaksin tersebut. lantas berapa harga yang harus dibayar untuk mendapatkannya?

Kepala Bagian Operasional Pelayanan PT Bio Farma, dr Erwin Setiawan, menyebut  pihaknya belum bisa memberikan kepastian perihal harga booster vaksin  untuk masyarakat non-BPJS Kesehatan. Selain itu, jenis vaksin yang akan digunakan pun belum ada kepastian.

"Iya tentu kami juga menunggu nanti dari aspek regulasi jenis vaksin apa yang akan digunakan. Tentunya akan ditetapkan oleh pemerintah dengan pendampingan dari BPKP, kita menunggu vaksin jenis apa yang akan digunakan," terang Erwin dalam diskusi daring, Kamis (18/11/2021).

Kendati demikian, sebagai referensi Erwin menyebut, harganya tidak akan berbeda jauh dari vaksin Covid-19 dalam program gotong royong. Menurutnya, dalam program vaksin berbayar gotong royong yang sudah berlangsung, harga vaksin Covid-19 dibanderol sekitar Rp 188 ribu.

"Tetapi sebagai referensi kemarin ini kan vaksin berbayar gotong royong kurang lebih 188 ribu kalau ga salah, dan juga untuk jasa layanannya kurang lebih 117 ribu," imbuh dr Erwin.

Untuk diketahui, booster vaksin ini dilakukan guna vaksin tambahan yang berfungsi untuk meningkatkan dan memastikan imun yang telah terbentuk pada dosis sebelumnya. Ini akan memberikan perlindungan yang lebih optimal pada risiko masuknya patogen.

Topik
perusakan pohonVaksin Covid 19Vaksinasi Covid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru